Keputihan Warna Cokelat Bisa Disebabkan Pil KB

Siapa bilang jika minum pil KB Anda bisa terbebas dari segala macam masalah menstruasi atau keputihan? Justru salah satu efek samping pil KB yang banyak dialami oleh penggunanya adalah keputihan yang berwarna cokelat. Keputihan cokelat ini tentu saja bisa membuat Anda malu dengan pasangan saat melakukan hubungan seksual.

keputihan karena minum pil kb

SEBAGIAN pengguna yang awam tentu akan bertanya-tanya mengenai keputihan karena pil KB ini. Keputihan yang berwarna cokelat setelah Anda minum pil KB umumnya disebabkan karena reaksi normal tubuh terhadap perubahan hormon. Kondisi ini bisa terjadi selama 6 bulan. Namun, ada juga beberapa hal lain yang menyebabkan keputihan karena pil KB ini jadi berwarna gelap:

1. Perubahan kadar hormon

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan pil pengendali kehamilan, tubuh akan mengeluarkan pendarahan atau keputihan dengan warna yang cukup gelap. Hal ini sebenarnya terjadi karena pil KB mampu mempengaruhi kadar hormon LH dan FSH, yang dapat memengaruhi perkembangan endometrium normal. Tingkat hormon yang rendah ini menipiskan dan mengelupas lapisan rahim dan keluar berupa keputihan berwarna cokelat.

2. Darah tua

Setelah siklus haid selesai, tubuh Anda mungkin masih mengeluarkan isi uterus terakhir. Sisa-sisa darah tua juga akan keluar sehingga memengaruhi warna keputihan Anda. Kondisi ini memang tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

3. Dosis pil KB yang terlalu rendah

Apabila Anda mendapatkan keputihan berwarna cokelat selama mengonsumsi pil KB, hal tersebut dapat dikarenakan dosis pil KB yang terlalu rendah. Jika Anda mengalami kasus ini, Anda perlu berbicara dengan dokter atau bidan untuk memperoleh pil KB dengan dosis yang lebih tinggi. Di samping itu, pil KB dengan dosis yang terlalu rendah juga dapat mengakibatkan risiko kehamilan jadi meningkat.

4. Minum pil KB tidak teratur

Tahukah Anda bahwa keputihan cokelat ini merupakan salah satu efek minum pil KB tidak teratur? Bila Anda sering melewatkan 1 – 2 kali pil KB harian Anda, maka keseimbangan hormon Anda jadi terganggu dan hal ini juga akan berimbas pada endometrium. Untuk menghindari efek minum pil KB tidak teratur ini, Anda harus lebih mengingat jadwal Anda minum pil KB setiap hari.

Baca juga: Lupa Minum Pil KB? Lakukan Langkah Ini

5. Sensitivitas terhadap kontrasepsi tertentu

Di dalam pil KB terdapat dua jenis hormon, yakni estrogen dan progestin. Ada pil KB yang hanya menggunakan estrogen saja, tapi ada juga yang menambahkan progestin. Ketika keputihan Anda jadi berwarna cokelat itu tandanya Anda sensitif terhadap jenis pil KB tertentu.

Penyebab lain keputihan warna cokelat

Keputihan karena pil KB memang dapat dialami oleh pengguna alat kontrasepsi tersebut. Akan tetapi, bagaimana dengan beberapa orang yang mengalami keputihan berwarna kecokelatan padahal tidak menggunakan pil KB atau kontrasepsi apa pun? Berikut adalah beberapa penyebab lain keputihan warna cokelat selain efek samping dari pil KB.

Ovulasi

Kehadiran pil KB bermanfaat untuk menekan ovulasi. Namun, ovulasi terjadi dalam waktu 10 – 14 hari sebelum Anda mendapatkan menstruasi kembali. Salah satu tanda bahwa Anda telah mengalami ovulasi adalah munculnya keputihan dengan warna kecokelatan.

Implantasi

Pada saat sel telur yang berhasil dibuahi masuk ke dalam rahim Anda, ada sejumlah darah yang keluar dengan bentuk bercak cokelat pada keputihan. Apabila Anda mengalami hal seperti ini jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter agar dapat diputuskan untuk tetap menggunakan pil KB tersebut atau berhenti.

Baca juga: Implantasi, Pertanda Awal Periode Kehamilan

Infeksi vagina

Keputihan yang berwarna cokelat bisa menjadi pertanda jika Anda mengalami infeksi vagina. Perlu Anda ketahui bahwa infeksi vagina yang dapat menyebabkan keputihan berwarna cokelat umumnya bukan infeksi ragi sederhana, tetapi bisa saja infeksi yang lebih serius, seperti bakteri vaginosis, trikomoniasis, klamidia, dan gonore.

Baru melakukan pap smear

Serviks Anda bisa menjadi sangat sensitif terhadap goresan selama melakukan pap smear. Beberapa wanita yang sensitif akan mengalami pendarahan yang sedikit selama beberapa hari ke depan. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena pendarahan dapat berhenti dengan sendirinya.

Tumor fibroid

Mioma uteri adalah pertumbuhan tumor jinak di dalam rahim Anda yang dapat menyebabkan keputihan. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, sampaikan keluhan Anda kepada dokter. Pasalnya, dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan untuk memastikan ada atau tidaknya tumor fibroid di dalam rahim Anda.

A day dreamer and a night thinker.

%d bloggers like this: