Keputihan Berwarna Kuning, Normalkah?

Tips Sehat

Semua wanita maupun gadis yang sudah mengalami menstruasi tentu akan mengalami keputihan. Bahkan, tingkat keputihan akan meningkat pada saat siklus menstruasi. Apakah keputihan ini adalah suatu hal yang normal? Tentu saja normal karena keputihan berasal dari sekresi vagina dan bakteri vagina yang menjadi pertanda bahwa vagina sehat dan normal. Cairan keputihan umumnya berwarna putih, tetapi jika keputihan berwarna kuning apakah hal tersebut normal? Bahkan, mungkin Anda mengalami keputihan meninggalkan noda kuning di celana dalam.

keputihan berwarna kuning

TIDAK perlu khawatir apabila Anda memiliki keputihan berwarna kuning pucat dan cenderung berwarna putih. Anda hanya perlu khawatir jika keputihan tersebut berwarna kuning disertai dengan bau yang sangat menyengat. Selain itu, jika keputihan meninggalkan noda kuning di celana dalam dan disertai gejala seperti vagina gatal dan terasa terbakar maka itu dapat menjadi pertanda adanya infeksi vagina.

Apa hal yang memengaruhi keputihan?

Perlu Anda ketahui bahwa siklus menstruasi yang dimiliki wanita adalah sekitar 29 hari, di mana hari ke-14 wanita akan mengalami ovulasi. Selama wanita mengalami ovulasi, tekstur keputihan wanita akan berubah menjadi lebih pekat dan lengket. Keputihan ini terjadi karena peningkatan lendir serviks.

Jumlah keputihan juga dapat meningkat apabila seorang wanita mengalami stres emosional. Selama tidak ada perubahan bau menjadi lebih menyengat atau gejala tertentu pada vagina Anda, maka Anda tidak perlu khawatir jika keputihan berwarna kuning pucat dan tidak terlalu terang.

Baca juga: 5 Penyebab Vagina Gatal Paling Umum

Kapan Anda harus khawatir terhadap keputihan?

Anda boleh khawatir terhadap keputihan berwarna kuning terang atau kehijauan. Keputihan jenis ini menunjukkan bahwa ada permasalahan pada vagina. Apalagi jika keputihan yang keluar turut disertai dengan bau busuk yang sangat menyengat. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan Anda mengalami keputihan yang abnormal:

  • Bakteri vaginosis
  • Infeksi ragi vagina
  • Trikomoniasis
  • Klamidia
  • Gonore
  • Lupa mengganti pembalut secara teratur
  • Penyakit menular seksual atau infeksi lainnya

Jika Anda mengalami keputihan yang abnormal, dengan kata lain berwarna kuning terang atau kehijauan, maka Anda harus segera mengunjungi dokter untuk memperoleh pengobatan yang tepat.

Tak hanya itu saja, jika keputihan Anda berwarna abu-abu dan berbau amis yang cenderung busuk, itu pertanda bahwa Anda terinfeksi bakteri vaginosis. Jangan ragu untuk segera berkunjung ke dokter jika volume keputihan Anda meningkat secara tiba-tiba.

Baca juga: Vagina Bau? Mungkin Ini Penyebabnya

Pengobatan untuk keputihan abnormal

Seorang wanita yang mengalami keputihan abnormal, seperti keputihan berwarna kuning terang atau kehijauan, bau keputihan yang tidak sedap hingga meninggalkan noda kuning di celana dalam, harus segera berobat ke dokter. Pengobatan untuk keputihan abnormal tergantung pada penyebabnya. Ada obat yang berbentuk antibiotik, tapi ada pula obat berbentuk gel yang bisa diaplikasikan langsung di sekitar vagina.

A day dreamer and a night thinker.