Kenali Gejala-gejala Infeksi Saluran Kemih

Sama seperti penyakit lainnya, infeksi saluran kencing pada pria maupun wanita juga dapat menimbulkan gejala tertentu. Lalu, apa sajakah gejala infeksi saluran kemih yang bisa kita kenali?

gejala infeksi saluran kemih

BANYAK orang menganggap kalau infeksi saluran kencing merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual, padahal kenyataannya tidak demikian. Namun anggapan ini juga masuk akal, mengingat infeksi ini erat kaitannya dengan perilaku seksual penderitanya.

Selain itu, gejala infeksi saluran kemih biasanya tak jauh beda dengan yang ditimbulkan oleh penyakit menular seksual. Oleh karenanya, kalau infeksi ini muncul usai berhubungan intim, maka banyak orang kemudian menganggap kalau dirinya telah tertular penyakit menular seksual.

Lantas apa saja gejala infeksi saluran kemih itu?

1. Gejala infeksi saluran kemih pada wanita

Dibanding anak-anak atau remaja, infeksi saluran kemih biasanya menyerang wanita dewasa. Diperkirakan antara 50-85% wanita pernah menderita (setidaknya sekali) infeksi saluran kencing akut selama hidupnya. Dan lebih dari 40% akan mengalami infeksi ulang dalam kurun waktu 3 bulan.

Faktanya, secara umum, seorang wanita bahkan bisa mengalami 2-3 kali infeksi saluran kencing setiap tahunnya. Untuk gejalanya sendiri, biasanya meliputi beberapa kondisi berikut:

  • Rasa sakit saat buang air kecil (disuria)
  • Frekuensi buang air kecil meningkat
  • Sering merasa kebelet kencing
  • Saat buang air kecil, urin sepertinya tak bisa dikeluarkan hingga maksimal
  • Gangguan saat buang air kecil
  • Anyang-anyangan

Tentu saja tak semua wanita akan mengalami semua gejala yang disebutkan di atas. Namun, kebanyakan wanita merasakan gejala yang sama dari waktu ke waktu kalau mereka sering menderita infeksi saluran kemih. Lebih dari sekedar rasa tidak nyaman, indikasi lain yang sifatnya kasat mata adalah warna urin bisa berubah menjadi pink atau keruh.

2. Gejala infeksi saluran kemih pada pria

Walau infeksi saluran kemih lebih sering diderita pria dewasa, namun mereka yang sedang (ataupun usai) menggunakan kateter juga bisa mengalaminya. Hal ini dikarenakan struktur saluran kemih pria membuat mereka lebih rentan terkena infeksi tersebut. Beberapa gejala yang muncul kalau seorang pria terkena infeksi saluran kemih adalah:

  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil
  • Rasa sakit atau tak nyaman saat kencing
  • Sering merasa kebelet buang air kecil
  • Demam
  • Rasa sakit di panggul

Infeksi saluran kencing pada pria juga berisiko lebih besar menimpa mereka yang pernah mengalami cedera pada saluran kemihnya. Pria yang memiliki kelainan struktur saluran kencing, penyumbatan saluran urin, atau kanker juga berpotensi lebih besar menderita infeksi tersebut.

Baca juga:

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.