Kenali Gejala dan Tanda Menstruasi Abnormal

Selama ini, banyak wanita yang beranggapan bahwa mereka mengalami siklus menstruasi yang tidak normal karena satu hal atau penyebab lainnya. Seringkali, para wanita berpikir apa yang mereka alami adalah menstruasi yang tidak normal, padahal itu bisa jadi merupakan siklus menstruasi normal. Jadi penting bagi Anda, para wanita, untuk mengetahui apakah Anda mengalami periode menstruasi yang tidak normal atau tidak.

gejala menstruasi tidak normal

MENGAPA demikian? Karena apa yang Anda alami, bisa jadi sebuah gejala awal suatu penyakit dan ini tidak boleh disepelekan. Bisa saja Anda sedang hamil atau mengidap kanker rahim dan tumor fibroid rahim. Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana Anda mengetahui bahwa Anda mengalami menstruasi abnormal?

Pendarahan Abnormal Selama Menstruasi

Bila selama masa menstruasi Anda mengalami pendarahan, kemudian siklus menstruasi tidak tentu dan terjadi pendarahan rahim yang tidak biasa, Anda perlu berkonsultasi ke dokter. Darah menstruasi banyak saat masa menstruasi merupakan gejala menstruasi tidak normal.

Belum lagi jika Anda harus mengganti pembalut setiap satu hingga dua jam sekali, ini bisa menjadi pertanda buruk, karena darah menstruasi banyak melebihi normal. Kemudian, siklus menstruasi yang tidak tentu yaitu lebih dari 21 sampai 35 hari.

Siklus yang terlalu pendek seperti kurang dari seminggu juga termasuk gejala menstruasi tidak normal. Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah Anda mengalami menstruasi tidak normal.

Bagi remaja putri yang berumur di bawah 11 tahun dan bagi Anda, para wanita pasca menopause, pendarahan vaginal yang terjadi merupakan abnormal. Untuk itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Ketika Kram Menstruasi Tidak Biasa

Kram pada saat menstruasi adalah hal biasa. Hal tersebut menjadi tidak biasa ketika Anda mengalami kram yang cukup parah selama menstruasi atau disebut dengan dysmenorrhoea. Jika sejak awal menstruasi Anda memang mengalami kram yang cukup parah hingga masa dewasa, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Kram yang cukup parah dapat dikategorikan sebagai gejala menstruasi tidak normal. Segera konsultasikan dengan dokter untuk menentukan apa penyebab timbulnya rasa sakit (kram yang cukup parah) selama masa menstruasi.

Memang ada sebagian wanita yang selalu mengalami kram saat menstruasi selama beberapa tahun setelah kali pertama menstruasi. Namun kram akan berkurang karena pertambahan usia dan atau setelah melahirkan.

Jika Anda adalah remaja putri, berusia lebih dari 16 tahun, dan belum juga mengalami menstruasi, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Anda juga perlu memastikan apakah ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik atau PCOS.

Baca juga: Pre-Menstrual Syndrome, Apakah Anda Mengalaminya?

Gejala Abnormal Padahal Tidak

Daripada Anda hanya menerka-nerka bahwa selama ini Anda mengalami menstruasi abnormal karena pendarahan yang tidak biasa atau siklus menstruasi yang tidak tentu, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter. Mengapa demikian?

Karena memang terdapat perbedaan gejala dan siklus menstruasi untuk setiap wanita. Perbedaan inilah yang kemudian dijadikan dugaan bahwa Anda atau teman Anda mengalami gejala menstruasi tidak normal.

Contohnya, darah beku yang sebenarnya merupakan potongan jaringan keputihan Anda. Bentuknya yang merah pekat dan padat membuat Anda ketakutan saat Anda memperhatikannya. Itu bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan atau bahkan suatu gejala penyakit tertentu. Keluarnya darah beku saat menstruasi adalah wajar dan normal.

Jika Anda melewatkan jadwal menstruasi selama beberapa bulan (2 hingga 3 bulan) atau siklus menstruasi Anda tidak teratur selama beberapa tahun setelah kali pertama menstruasi, hal tersebut normal terjadi bagi kebanyakan wanita terlebih remaja putri. Kecuali Anda telat menstruasi karena hamil.

Jika Anda adalah wanita aktif, misal Anda adalah wanita karier, mahasiswi dengan berbagai kegiatan kampus, mungkin Anda akan melewatkan satu atau dua siklus menstruasi dari waktu ke waktu dan hal tersebut normal. Hal seperti itu juga akan terjadi bagi Anda, para wanita yang berprofesi sebagai atlet atau intens berolahraga.

Beberapa Hal mengenai Menstruasi

Nah, berikut ini beberapa hal tentang menstruasi normal yang perlu diketahui para wanita untuk mengidentifikasi apakah Anda mengalami menstruasi abnormal.

  • Pendarahan menstruasi secara normal berlangsung sekitar 5 hari.
  • Jumlah darah yang hilang per hari saat menstruasi sebanyak 2 sampai 8 sendok makan, meskipun rasanya lebih dari itu.
  • Siklus menstruasi rata-tata adalah 28 hari dari hari pertama periode satu bulan sampai hari pertama bulan bersih.
  • Namun, dari 21 sampai 35 hari antara periode menstruasi masih dianggap sebagai siklus menstruasi normal.

Baca juga: 7 Mitos Tentang Menstruasi

Jika Anda tidak yakin apakah pendarahan yang Anda alami abnormal atau tidak, kemudian gejala menstruasi lainnya abnormal atau tidak, sebaiknya Anda bicarakan dengan dokter Anda. Lebih cepat Anda menemukan penyimpangan pada siklus menstruasi Anda, lebih baik juga bagi kesehatan Anda.

Penting bagi Anda memperhatikan gejala menstruasi yang Anda alami sebelum berubah menjadi masalah serius. Selain itu, melakukan konsultasi dengan dokter juga disarankan bagi wanita usia subur.

Ada banyak perbedaan periode menstruasi dari waktu ke waktu. Begitu juga dengan gejala menstruasi, tiap wanita memiliki perbedaan. Jadi penting untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi Anda. Selain penting bagi kesehatan tubuh Anda, ini juga penting untuk ketenangan pikiran Anda.

laugh like a spongebob, kerupuk lovers. kopi hitam lovers. nocturnal.

%d bloggers like this: