Kelahiran Prematur

Perawatan Kelahiran Prematur

Dalam hal perawatan kelahiran prematur, tergantung pada kondisi kesehatan ibu dan faktor-faktor lainnya. Dokter kandungan mungkin akan menyarankan Anda untuk dirawat di rumah sakit. Jika tidak harus di rumah sakit, dokter akan menyarankan Anda untuk membatasi aktivitas fisik yang menyebabkan kontraksi atau bahkan bedrest total.

Bila bentuk-bentuk perawatan tersebut tidak bisa atau terlambat dilakukan, maka dokter akan berusaha untuk membantu proses kelahiran dengan lancar serta membantu menjaga kesehatan bayi yang terlahir lebih awal.

Beberapa kelahiran prematur dilakukan dengan episiotomi alias pengguntingan sedikit di daerah kelahiran untuk melindungi kepala bayi dari perubahan tekanan dan memudahkan bayi untuk lahir.

Bayi yang terlahir prematur (kurang dari usia kandungan 37 minggu dan memiliki berat badan kurang dari 2,5 kg, umumnya memiliki organ yang belum matang. Oleh sebab itu, bayi akan memerlukan perawatan khusus dalam inkubator, dimana temperatur lingkungannya dapat dikontrol dan dengan persediaan oksigen yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

Selain itu, bayi prematur lebih rentan terhadap infeksi karena daya tahannya yang masih lemah. Itu sebabnya perawatan untuk