Kelahiran Prematur

Pengertian Kelahiran Prematur

Kelahiran prematur adalah persalinan yang berlangsung sebelum minggu ke-37 kehamilan, lebih awal daripada seharusnya, dimana persalinan normal terjadi saat kandungan berusia sekitar 40 minggu.

Kelahiran prematur terjadi karena kontraksi rahim yang menyebabkan leher rahim membuka lebih awal dari semestinya. Kelahiran prematur hanya memberi bayi sedikit waktu untuk berkembang di dalam rahim, sehingga bayi prematur yang lahir sebelum waktunya seringkali berisiko mengalami masalah kesehatan.

Masalah dengan persalinan prematur adalah bayi akan lahir prematur, dimana sistem organ tubuhnya belum sepenuhnya berkembang. Pada akhirnya, hal ini bisa berarti bahwa organ-organ tubuhnya tidak dapat berfungsi normal dan mungkin sulit untuknya bertahan hidup tanpa dukungan medis.

Untungnya saat ini, dengan ketersediaan Neonatal Intensive Care Unit (NICU), bayi dapat mendapatkan perawatan intensif sementara sistem organ mereka lebih matang. Bahkan, sebagian besar bayi lahir prematur dapat bertahan hidup dengan sangat baik.

Tergantung pada seberapa dini bayi dilahirkan, maka ia mungkin termasuk:

  • Late prematurity, lahir antara 34 dan 36 minggu kehamilan
  • Moderate prematurity, lahir antara 32 dan 34 minggu kehamilan
  • Very preterm, lahir kurang dari 32 minggu kehamilan
  • Extreme prematurity, lahir pada atau sebelum 25 minggu kehamilan

Kebanyakan kelahiran prematur terjadi pada tahap prematur akhir.