Kapan Waktu yang Tepat untuk Pakai Test Pack?

Memakai test pack ada aturannya, lho. Sebaiknya, Anda tahu kapan pakai test pack agar hasil yang didapat lebih akurat. Jika Anda mendambakan hasil test pack positif, Anda perlu membaca tips berikut ini!

KEBANYAKAN wanita merasa tegang ketika akan melakukan tes kehamilan dengan test pack. Sama seperti jutaan wanita lain, Anda tentu penasaran ingin segera tahu apakah hasilnya akan menjadi positif atau negatif, bahkan sebelum Anda terlambat menstruasi!

Akan tetapi, apakah Anda tahu waktu yang tepat untuk pakai test pack? Bila Anda menggunakan test pack setelah berhubungan intim, ada kemungkinan bahwa hasilnya bisa menjadi negatif meskipun Anda sebenarnya hamil.

Waktu Terbaik untuk Memakai Test Pack

Jadi, kapan tes kehamilan mulai positif? Waktu yang paling tepat untuk mengetes kehamilan Anda melalui test pack adalah setelah menstruasi Anda terlambat. Agar pasti, tunggulah hingga kurun waktu terlama Anda pernah terlambat mendapatkan menstruasi.

Menurut situs FDA, 10 hingga 20 dari setiap 100 wanita mendapatkan hasil tes negatif meskipun mereka hamil karena memakai test pack saat menstruasi terlambat hanya selama satu hari.

Jadi, tidak baik pula jika Anda terburu-buru memakai test pack. Bahkan, test pack yang mengklaim dapat mendeteksi kehamilan secara dini tidak dapat menjamin akurasi hasil sebelum menstruasi Anda terlambat.

Pahami Bagaimana Test Pack Bekerja

Test pack bekerja dengan mendeteksi kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang terkandung dalam urin. Hormon ini hanya terbentuk ketika sel telur yang terbuahi menempel pada dinding rahim, sehingga hormon ini juga dikenal sebagai hormon kehamilan.

Jumlah hormon ini akan bertambah seiring dengan usia kehamilan. Beberapa test pack juga mendeteksi bentuk lain dari hormon ini, yaitu hyperglycosylated hCG (H-hCG).

Baca juga: Tips Menggunakan Test Pack Untuk Hasil Akurat

Test Pack yang Mendeteksi Dini Kehamilan

Test pack jenis ini menjanjikan bisa memberi hasil pada tiga atau empat hari sebelum waktu menstruasi Anda. Tes ini mengasumsikan fase luteal 14 hari, waktu antara ovulasi dan kapan Anda mendapatkan menstruasi Anda. Masalahnya adalah Anda mungkin memiliki fase luteal yang lebih pendek atau lebih lama.

Jika fase luteal Anda biasanya 12 hari, empat hari sebelum masa menstruasi Anda akan terjadi sembilan hari setelah ovulasi. Pada masa ini, masih terlalu dini bagi Anda untuk mengetes kehamilan.

Jika Anda memiliki fase luteal 15 hari, empat hari sebelum masa menstruasi Anda adalah sama dengan 12 hari setelah ovulasi.

Jika Anda memakai test pack terlalu cepat, Anda akan mendapatkan hasil yang tidak akurat karena hormon H-hCG dan hCG Anda belum berkembang.

Bagaimana dengan Label 99% Akurat?

Jika Anda membaca label instruksi test pack dengan seksama, beberapa merek menjanjikan akurasi 99% pada masa Anda sudah terlambat menstruasi, bukan segera setelah Anda berhubungan.

Kembali pada yang sudah dijelaskan sebelumnya, test pack akan semakin akurat apabila Anda memakainya setelah masa terlama Anda pernah terlambat mendapatkan menstruasi. Jika Anda pernah terlambat menstruasi selama dua minggu, maka dua minggu satu hari setelah Anda terlambat menstruasi adalah saat paling tepat untuk memakai test pack.

Jadi, janganlah terburu-buru memakai test pack! Jika Anda merasa begitu penasaran hingga tidak bisa menahan diri, pertimbangkan dengan bijak bagaimana perasaan Anda jika hasilnya negatif. Jika tes negatif tidak mengganggu Anda, cobalah.

Namun, jika hasil negatif (yang kemungkinan besar akan muncul ketika Anda terburu-buru memakai test pack) akan membuat Anda sedih, sebaiknya Anda menunggu hingga waktu yang dianjurkan untuk menggunakannya.

Siap menjadi budak skripsi dan lulus pada waktu yang tepat meski memiliki hobi berleha-leha sepanjang hari.

%d bloggers like this: