Kanker Vagina

Perawatan Kanker Vagina

Penyembuhan kanker vagina mesti ditangani oleh ahli medis dan tidak dapat dilakukan sendiri di rumah. Meski demikian, ada beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi gejala dan membuat diri sendiri merasa lebih baik. Berikut ini adalah perawatan kanker vagina yang dapat Anda lakukan di rumah.

  • Mengatur waktu tidur

Ada kalanya Anda akan kesulitan tidur. Hal ini tidak boleh dibiarkan atau Anda akan merasa semakin lelah dan tak bersemangat. Pastikan kamar Anda memiliki cahaya redup dan tenang agar waktu-waktu tidur Anda tak terganggu.

  • Masalah buang air kecil

Salah satu gejala kanker vagina adalah frekuensi buang air kecil yang berlebihan dan terasa sakit. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mengurangi konsumsi minuman yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil seperti kopi dan teh. Jadwalkan pula waktu buang air kecil Anda, misalnya 3 atau 4 jam sekali. Paksakan diri Anda mengikuti jadwal hingga lama-lama terbiasa mengontrol waktu buang air kecil.

  • Rambut rontok

Perawatan kanker vagina juga perlu dilakukan untuk mengatasi efek pengobatan. Setelah kemoterapi, rambut rontok bukanlah sesuatu yang dapat dihindari. Namun, penggunaan mild shampoo dapat membantu Anda menghindari iritasi kulit kepala.

  • Stres

Untuk mengurangi stres, belajarlah berbicara kepada orang lain. Pelajari pula teknik-teknik relaksasi diri, seperti meditasi. Dan jangan lupa untuk mendekatkan diri kepada Tuhan agar senantiasa diberikan ketenangan dan kesembuhan serta dijauhkan dari stres.