Kanker Vagina

Pengobatan Kanker Vagina

Pengobatan kanker vagina banyak macamnya. Pengobatan yang akan Anda ambil bergantung pada tipe dan level kanker vagina yang Anda hadapi. Untuk menentukannya, Anda perlu pendapat dari dokter.

Operasi

Pengobatan kanker vagina yang paling umum ialah operasi. Ada 3 jenis operasi yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Operasi pengangkatan tumor. Operasi ini dapat dilakukan ketika kanker vagina baru menyerang lapisan terluar vagina sehingga tumor mudah diangkat.
  • Operasi pengangkatan vagina. Operasi ini tak hanya mengangkat keseluruhan vagina Anda, tapi mungkin juga mengangkat rahim serta ovarium.
  • Operasi pengangkatan organ panggul. Operasi ini akan dilakukan setelah operasi pengangkatan vagina bila kanker telah terbukti telah menjalar ke organ panggul.

Radiasi

Selain operasi, cara lain untuk mengobati kanker vagina adalah dengan terapi radiasi. Ada dua macam jenis terapi radiasi, yakni radiasi eksternal dan internal.

Pada radiasi eksternal, Anda hanya perlu berbaring dan mesin-mesin akan bekerja di sekitar tubuh Anda. Sementara pada radiasi internal, sebuah alat akan diletakkan dalam vagina Anda untuk membunuh sel-sel kanker.

Meski terlihat mudah, terapi radiasi memiliki lebih banyak efek samping daripada operasi karena dapat turut membunuh sel-sel tubuh yang sehat.

Kemoterapi

Jenis pengobatan lainnya yang mungkin dilakukan selain operasi dan terapi radiasi ialah kemoterapi. Terapi ini menggunakan bahan kimia untuk membunuh sel kanker. Namun, masih belum jelas apakah kemoterapi ampuh pada pengobatan kanker vagina. Inilah sebabnya, kemoterapi tidak pernah diaplikasikan sebagai pengobatan tunggal pada kanker vagina. Kemoterapi justru digunakan sebagai pengobatan pelengkap terapi radiasi.