Kanker Vagina

Pengertian Kanker Vagina

Kanker vagina adalah tumor ganas yang muncul di daerah vagina. Sekitar 80% kanker vagina adalah hasil penyebaran dari kanker lainnya seperti kanker leher rahim dan kanker rahim. Angka kejadian kanker vagina juga relatif jarang, sekitar 6 dari 1 juta penduduk.

Jenis Kanker Vagina

Ada berbagai jenis kanker vagina dilihat dari sel yang berkembang, namun yang tersering adalah karsinoma sel skuamosa (squamous cell carcinoma) dan adenokarsinoma.

  • Karsinoma sel skuamosa adalah jenis yang paling banyak ditemukan, dimiliki oleh sekitar 85% pasien kanker vagina. Kanker tipe ini terbentuk di jaringan sel skuamosa, yaitu jaringan tipis dan datar yang mengitari garis vagina. Biasanya terjadi pada wanita usia di atas 50 tahun. Gejala yang umumnya nampak adalah ulserasi atau luka terbuka.
  • Adenokarsinoma adalah tipe kanker vagina yang terbentuk di jaringan sel glandular. Pada vagina, sel glandular berfungsi untuk memproduksi dan melepaskan lendir (mucus). Hampir sama dengan skuamosa, sel ini juga terletak di lingkaran vagina. Berbeda dengan karsinoma sel skuamosa, tipe adenokarsinoma biasa menyerang wanita usia muda sekitar 14-19 tahun. Wanita yang mengidap adenokarsinoma biasanya telah terpapar Diethylstilbestrol (DES) sejak di dalam kandungan.

Gejala Kanker Vagina

Gejala kanker vagina yang umum dirasakan penderitanya adalah:

  • Perdarahan tidak normal (di luar siklus menstruasi, jumlah darah haid yang lebih banyak, atau siklus haid yang memanjang).
  • Nyeri saat berhubungan intim.
  • Keputihan.
  • Benjolan di vagina.
  • Frekuensi buang air kecil yang sering dan menyakitkan.

Diagnosis Kanker Vagina

Untuk mendiagnosis kanker vagina, dokter biasanya akan memberikan beberapa tes seperti pelvic exam, tes pap smear, kolposkopi, dan tes biopsi jaringan.

Pengobatan Kanker Vagina

Ada beberapa metode pengobatan kanker vagina, yaitu operasi, radiasi, dan kemoterapi. Pengobatan yang tepat tergantung pada tipe dan level kanker vagina yang dimiliki pasien.

Pencegahan Kanker Vagina

Meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker vagina, namun beberapa metode bisa dilakukan untuk mewaspadai kanker jenis ini. Tes pap smear secara rutin misalnya, dapat mendeteksi kanker vagina secara dini, sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Selain itu, pencegahan kanker vagina juga bisa dilakukan dengan pemberian vaksin HPV.