Kanker Serviks

Perawatan Kanker Serviks

Sejujurnya, tidak ada seorang pun yang siap menerima dirinya terdiagnosa kanker serviks. Walaupun demikian, pasien bisa mencoba menangani rasa takut dan keguncangan emosi yang dialaminya.

Penting bagi penderita kanker untuk dapat menerima kondisinya dan mengelola emosinya. Sebagai awalan, pasien bisa mencoba perawatan kanker serviks dengan meminta dukungan atau support system dari keluarga atau kerabat dekat.

Cari Tahu Tentang Kanker dan Pilihan Pengobatannya

Wajar saja jika pasien merasa bingung dengan vonis kanker yang dihadapi. Untuk itu, pasien bisa menuliskan daftar pertanyaan kepada dokter. Ajak keluarga untuk sama-sama memahami lebih jauh tentang pengobatan Anda.

Cari Seseorang untuk Berbicara

Wajar jika saat terdiagnosa kanker, pasien merasa marah, takut, atau bahkan tenang-tenang saja. Normal bagi pasien untuk merasakan berbagai emosi. Salah satu cara yang membantu adalah dengan membicarakannya, baik itu dengan keluarga, sahabat, atau pasangan.

Anda bisa memulai untuk mengutarakan perasaan dan pikiran Anda. Anda juga bisa bergabung dengan support group bersama dengan pejuang kanker lainnya. Jika emosi Anda telah mempengaruhi kemampuan Anda membuat keputusan, keluarga atau pasien sendiri bisa coba meminta pada dokter untuk pendampingan psikolog.

Biarkan Orang Lain Membantu

Menjalani pengobatan kanker pastinya melelahkan. Biarkan keluarga atau kerabat mengetahui bantuan apa yang Anda butuhkan.

Tentukan Tujuan

Mempunyai tujuan akan membantu Anda tetap semangat dalam menjalani pengobatan.

Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Makan makanan bernutrisi, relaksasi, dan istirahat cukup dapat membantu melawan stres dan lelah karena pengobatan kanker.

Perawatan Paliatif

Perawatan kanker serviks ini adalah perawatan pilihan yang fokusnya tidak hanya pada kondisi tubuh pasien tapi juga kualitas jiwa dan spiritualnya. Perawatan paliatif turut menangani rasa sakit yang diderita pasien.
Dokter akan membantu perawatan apa yang inginkan dan mana yang tidak diinginkan. Perawatan paliatif ini khusus bagi mereka yang menderita kanker dengan stadium lanjut.