Kanker Serviks

Pencegahan Kanker Serviks

Kanker masih menjadi penyakit mematikan bagi manusia. Bagi kaum wanita, kanker payudara dan kanker serviks merupakan penyakit yang banyak merenggut nyawa. Pencegahan kanker serviks harus diketahui oleh semua wanita, baik usia muda, maupun wanita yang sudah masuk masa menopause.

Dalam mengurangi resiko terkena kanker, Anda dapat melakukan pencegahan kanker serviks berikut ini:

  • Dapatkan vaksin HPV. Vaksin HPV dapat memerangi beberapa tipe virus HPV penyebab kanker serviks, vaksin ini dapat diberikan untuk perempuan berumur 9 sampai 26 tahun. Vaksin HPV akan jauh lebih efektif jika diberikan pada perempuan sebelum mereka aktif secara seksual atau pada usia pra-remaja.
  • Melakukan tes pap smear secara rutin. Tes pap smear dapat mendeteksi sel-sel prekanker secara dini sehingga dapat dimonitor atau ditangani lebih awal untuk mencegah sel-sel prakanker menjadi sel kanker. Banyak organisasi medis yang menyarankan wanita berumur 21 tahun dan sudah menikah/berhubungan seksual untuk memulai tes pap smear dan mengulangi tesnya setiap beberapa tahun sekali.
  • Berhubungan seksual dengan aman. Menggunakan kondom, setia kepada pasangan, dan menghindari berhubungan seksual terlalu dini dapat mengurangi resiko terkena kanker serviks.
  • Jangan merokok. Rokok telah diketahui sebagai pemicu kanker, sebaiknya hindari aktivitas merokok, maupun menghirup asap rokoknya.