Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks

Kebanyakan pasien tidak menunjukkan ciri kanker serviks. Gejala kanker serviks biasanya tidak muncul sampai kanker telah menyebar ke jaringan lain atau organ lain.

Berikut ini adalah gejala kanker serviks yang umumnya muncul pada pasien kanker serviks tahap lanjut.

  • Muncul flek darah atau pendarahan ringan saat menstruasi
  • Keluarnya darah menstruasi yang lebih banyak dan lebih lama dari biasanya
  • Pendarahan setelah berhubungan intim atau setelah pemeriksaan panggul
  • Nyeri saat berhubungan intim
  • Pendarahan setelah menopause
  • Keluar cairan berlebih dari vagina yang berwarna kemerahan serta berbau

Jika mengalami salah satu atau lebih dari satu gejala tersebut, pasien wajib menginformasikan dokter, walaupun gejala yang dirasa bisa jadi gejala dari penyakit lain atau gejala dari kondisi yang tidak terlalu serius. Lebih dini sel prakanker atau sel kanker ditemukan dan ditangani, maka lebih besar pula kesempatan kanker serviks dicegah dan diobati.

Jangan ragu untuk menghubungi dokter jika merasakan sesuatu yang berubah pada tubuh Anda. Dokter nantinya akan menanyakan seberapa lama dan/atau seberapa sering gejala tersebut timbul. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apa penyebab keluhan pasien.

Andaikan pasien terdiagnosa kanker serviks, dokter akan memberikan perawatan dan penanganan gejala yang merupakan bagian dari perawatan kanker. Selalu komunikasikan segala perubahan, baik yang baru dirasa, pernah dirasa, dan sudah dirasakan selama beberapa kurun waktu.