Kanker Prostat

Perawatan Kanker Prostat

Hidup sebagai survivor kanker prostat tidak mudah. Pasien harus melakukan sejumlah perawatan kanker prostat agar pengobatan yang sudah dilakukan berhasil.

Pengobatan secara medis memang penting, tetapi tingkat keberhasilan pengobatan akan semakin tinggi jika pasien juga berkontribusi untuk menjaga kesehatan diri sendiri. Langkah perawatan bagi survivor kanker prostat meliputi perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

The American Cancer Society menyarankan beberapa hal berikut sebagai bentuk perawatan kanker prostat yang harus dilakukan oleh pasien kanker prostat.

Mempertahankan berat badan normal

Pasien yang mengalami obesitas harus berusaha untuk menurunkan berat badannya hingga mencapai angka berat badan normal. Apabila pasien berhasil mencapai berat badan normal, maka pasien harus menjaga berat badan tersebut agar tetap stabil. Pasalnya, obesitas dapat meningkatkan risiko kematian terhadap pasien kanker prostat.

Lebih aktif berolahraga

Studi menunjukkan bahwa aktivitas olahraga dianggap aman bagi pasien kanker prostat yang sedang menjalani pengobatan. Pasalnya, olahraga dapat meningkatkan berbagai aspek kesehatan, seperti melatih kekuatan otot, keseimbangan, kebugaran kardiovaskular, dan mengelola stres. Aktivitas fisik terbukti dapat mengurangi risiko kematian pada pasien kanker prostat dan mencegah kanker timbul kembali. Berolahraga selama 3 jam dalam seminggu dapat mengurangi risiko kematian hingga 60 persen.

Konsumsi makanan sehat

Ketika seorang pasien sudah didiagnosis kanker, maka dia harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Pasien harus mulai memperbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan ikan. Kemudian, dia juga harus mengurangi konsumsi daging merah, makanan berlemak, atau makanan olahan yang menggunakan pengawet.

Konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen

Vitamin, jamu, dan berbagai suplemen lainnya tidak dapat menyembuhkan kanker prostat. Bahkan, dapat dikatakan bisa mempersingkat usia pasien. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi berbagai suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Sebuah studi yang melibatkan 35.000 orang membuktikan bahwa konsumsi Vitamin E dapat mempercepat perkembangan sel kanker prostat.

Perawatan kanker prostat mengharuskan pasiennya untuk hidup sehat dan meninggalkan pola hidup yang tidak sehat. Tujuannya adalah untuk membantu pengobatan medis agar sel kanker tidak berkembang dan menyebar menimbulkan komplikasi.