Kanker Prostat

Penyebab Kanker Prostat

Hingga saat ini, penyebab kanker prostat belum diketahui secara pasti. Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko penyakit ini. Mengingat kanker prostat merupakan penyakit kronis yang cukup serius, maka sebaiknya ketahui dulu beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat berikut ini.

Usia

Usia adalah faktor yang berhubungan dengan kanker prostat. Semakin tua usia seorang pria, maka semakin tinggi pula risiko terkena kanker prostat. Kanker prostat sangat jarang terjadi pada pria di bawah usia 45 tahun. Penyakit ini lebih sering dialami pria yang berusia 50 tahun ke atas.

Genetika

Statistik menunjukkan bahwa faktor genetika (keturunan) dapat meningkatkan risiko kanker prostat secara signifikan. Pria yang ayah atau saudaranya terkena kanker prostat, memiliki risiko lebih tinggi dibanding pria lain yang ayah dan saudaranya tidak memiliki riwayat kanker prostat.

Makanan tertentu

Banyak yang mengatakan bahwa pria yang sering mengonsumsi terlalu banyak daging merah dan sedikit mengonsumsi buah-buahan serta sayur juga dapat meningkatkan risiko penyakit ini. Lemak ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel, dapat mengurangi risiko kanker prostat. Asam lemak omega-3 membantu menjaga prostat tetap sehat dan memperbaiki jaringan yang sakit. Omega-3 terkandung dalam ikan, tahu, kenari, minyak canola, dan sayuran berdaun hijau.

Makanan yang kaya likopen telah terbukti membantu melawan kanker prostat. Lycopene dapat ditemukan dalam jambu biji, pepaya, jeruk merah, semangka, tomat, produk tomat, saus tomat. Di samping itu, vitamin D berfungsi memberi perlindungan terhadap kanker prostat.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi obat anti-inflamasi sehari-hari dapat meningkatkan risiko kanker prostat pada pria. Menurut penelitian, obat-obatan penurun kolesterol golongan statin dapat menurunkan kadar PSA pada orang dengan kanker prostat dibanding dengan kadar PSA pasien kanker prostat yang tidak mengonsumsi statin.

Obesitas

Sudah menjadi rahasia umum jika obesitas adalah faktor penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker prostat. Selain itu, pria obesitas yang terkena kanker prostat lebih cepat mengalami metastasis sel kankernya. Pria obesitas juga memiliki risiko kematian lebih tinggi semenjak divonis kanker prostat.

Penyakit Menular Seksual

Kanker prostat bukan merupakan penyakit menular seksual (PMS), tetapi pria yang terinfeksi penyakit menular seksual, seperti gonore dan klamidia, memiliki risiko kanker prostat yang lebih besar dibanding pria yang tidak terinfeksi PMS.

Penyebab kanker prostat memang belum diketahui secara pasti. Namun, awal dari penyakit ini adalah sel-sel abnormal yang tumbuh dan terakumulasi membentuk tumor untuk menyerang jaringan sehat di sekitarnya.