Kanker Prostat

Pencegahan Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan jenis penyakit yang paling ditakuti oleh kaum pria. Pasalnya, penyakit ini memang hanya dapat dialami oleh pria saja, mengingat prostat sendiri merupakan organ yang letaknya di bawah kandung kemih dan dapat menghasilkan air mani. Jadi, dapat dipastikan bahwa pasien dari penyakit ini adalah pria, bukan wanita.

Adakah langkah pencegahan kanker prostat yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit ini? Tidak, tetapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker prostat secara efektif.

Tidak ada langkah pencegahan kanker prostat, tetapi risiko penyakit ini dapat diturunkan jika Anda melakukan beberapa hal sederhana untuk mengubah gaya hidup Anda agar menjadi lebih sehat.

Diet rendah lemak

Mengurangi makanan yang berlemak tinggi dapat menurunkan risiko kanker prostat. Adapun jenis makanan yang harus dihindari, seperti daging, makanan yang digoreng, dan produk susu. Di dalam beberapa penelitian, pria yang sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi akan mengalami peningkatkan risiko kanker prostat. Selain dapat mengurangi kanker prostat, diet rendah lemak juga membantu untuk menjaga kesehatan jantung dan mengendalikan berat badan.

Lebih banyak konsumsi tumbuhan dibanding daging

Perbanyak konsumsi tumbuhan dibanding daging atau makanan hewani lainnya. Hal ini bisa Anda lakukan mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti mengganti mentega dengan minyak zaitun atau mengganti kacang-kacangan atau biji-bijian dibanding harus menggunakan keju.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Vitamin dan nutrisi yang berada di dalam buah-buahan dan sayur diduga dapat menurunkan risiko kanker prostat. Mengonsumsi buah dan sayur juga akan membantu Anda dalam menjalankan diet. Pasalnya, setelah mengonsumsi buah dan sayur, perut akan terasa lebih kenyang sehingga Anda tidak lagi mengonsumsi jenis makanan lainnya.

Jangan ragu mengonsumsi ikan

Ikan sejenis salmon dan tuna mengandung omega-3 asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan risiko kanker prostat. Apabila selama ini Anda belum menempatkan kedua jenis ikan tersebut dalam menu diet Anda, maka sekarang inilah saatnya untuk menambahkan salmon dan tuna di setiap menu makanan Anda.

Jaga keseimbangan berat badan

Obesitas adalah faktor pemicu timbulnya berbagai penyakit, seperti kanker prostat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menurunkan berat badan agar lebih seimbang dengan memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi.

Walaupun tidak ada cara pencegahan kanker prostat, tetapi Anda masih dapat mencegah risiko penyakit ini. Mulailah gaya hidup sehat sejak hari ini agar Anda terhindar dari penyakit kanker prostat dan penyakit lain yang berbahaya.