Kanker Prostat

Pengertian Kanker Prostat

Prostat adalah kelenjar eksokrin dari sistem reproduksi pria dan letaknya berada di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Ada ribuan kelenjar di dalam prostat yang bentuknya sebesar biji kenari tersebut. Kelenjar di dalam prostat ini berfungsi untuk menghasilkan air mani, cairan yang bertugas untuk menutrisi dan memelihara sperma.

Kanker prostat adalah kondisi di mana sel-sel kanker berkembang secara tak terkendali di dalam prostat. Penyakit ini merupakan jenis kanker yang banyak dialami laki-laki di Amerika Serikat. 1 dari 5 laki-laki di Amerika menderita kanker prostat.

Kanker prostat adalah salah satu penyakit berbahaya yang hanya dialami oleh kaum pria. Pasalnya, kanker ini dapat menyebar ke organ tubuh lain yang berada di dekat prostat. Namun, kanker prostat merupakan penyakit kanker yang penyebarannya cukup lambat. Akan tetapi, ada pula pasien kanker prostat yang kankernya cukup agresif dan menyebar dengan cepat.

Apabila kanker prostat sudah terdeteksi pada stadium awal dan segera diobati, maka harapan pasien untuk sembuh sangat besar. Sayangnya, jika metastasis (penyebaran) kanker sudah mencapai organ lain, maka pengobatan hanya bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker saja.

Penanganan medis yang tepat terhadap pasien kanker prostat dapat mematikan sel-sel kanker, sehingga tidak terjadi metastasis kanker (penyebaran sel kanker). Di samping itu, pengobatan secara medis ini juga harus didukung dengan perubahan gaya hidup sehat agar proses pengobatan menjadi lebih cepat.