Kanker Ovarium

Perawatan Kanker Ovarium

Pengobatan kanker memang harus melalui dokter dan rumah sakit, tapi tetap ada perawatan sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah. Memang, perawatan kanker ovarium yang dilakukan di rumah tidak dapat menyembuhkan kanker itu sendiri. Namun, paling tidak, dengan perawatan kanker ovarium di rumah, gejala-gejala kanker yang mengganggu aktivitas dapat diredakan.

Untuk gejala kanker yang berhubungan dengan pencernaan seperti mual dan muntah, cobalah konsumsi permen dengan rasa pedas, seperti permen mint dan jahe. Sementara itu, untuk mengobati diare, penderita kanker perlu mengonsumsi beberapa teguk air secara rutin dengan jangka waktu yang teratur.

Konsumsi pula biskuit-biskuit asin untuk meredakan diare. Berkebalikan dengan diare, bila gejala kanker yang Anda derita ialah konstipasi, konsumsilah air dengan jumlah yang banyak secara rutin dan asup diri Anda dengan makanan berserat. Jangan konsumsi obat pencahar tanpa terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Jika anda mengalami sesak nafas saat berbaring karena perut yang bertambah besar dan tertimbunnya cairan dalam rongga perut dan dada, Anda dapat mencoba posisi setengah duduk saat tidur. Tetapi bila gejala ini sudah sangat mengganggu, akan lebih baik bila perawatan dilakukan di rumah sakit.

Tidak hanya secara fisik, perawatan kanker juga perlu dilakukan dari sisi mental. Bicarakan selalu keluhan yang Anda rasakan kepada orang-orang terdekat untuk meringankan beban. Selain itu, Anda juga perlu mencari cara untuk selalu rileks.