Kanker Ovarium

Penyebab Kanker Ovarium

Kanker terjadi karena adanya mutasi pada gen. Meskipun begitu, belum ditemukan secara pasti kondisi seperti apa yang dapat membuat gen mengalami mutasi.

Dengan demikian, penyebab kanker ovarium juga belum dapat dipastikan. Hanya saja, ada beberapa kondisi yang dialami seseorang yang dapat meningkatkan risiko kanker ovarium.

Faktor genetis adalah penyebab kanker ovarium yang paling besar. Seseorang dengan riwayat keluarga penderita kanker ovarium atau kanker payudara memiliki risiko terkena kanker ovarium yang lebih besar ketimbang wanita yang tak memiliki riwayat kanker.

Usia juga mempengaruhi. Wanita di atas usia 65 tahun memiliki peningkatan risiko terjadinya kanker ovarium. Selain itu, obesitas juga salah satu faktor risiko terjadinya kanker ovarium.

Anda juga dapat melihat tingkat risiko kanker ovarium dari aktivitas ovulasi Anda. Semakin sering Anda mengalami kehamilan, maka risiko kanker ovarium Anda semakin rendah. Menyusui pun dapat menurunkan risiko terjadinya kanker ovarium.

Sementara itu, bila Anda tak pernah mengonsumsi pil kontrasepsi, maka risiko Anda akan kian tinggi. Risiko tinggi kanker ovarium juga dialami oleh para wanita yang mengalami haid pertama kali (menarche) di usia terlalu dini dan oleh wanita yang mengalami menopause terlambat.