Kanker Ovarium

Pencegahan Kanker Ovarium

Pencegahan kanker ovarium terkait riwayat penyakit keluarga dan genetika jelas tak dapat dikendalikan. Yang Anda dapat lakukan hanyalah menurunkan risiko diri Anda terkena kanker.

Pola Makan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat seperti seperti biji-bijian dan buah-buahan dapat menurunkan risiko kanker Anda. Bila telah mengetahui risiko kanker melekat pada Anda, rajinlah melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui langkah-langkah penurunan risiko yang dapat Anda lakukan.

Konsumsi Pil Kontrasepsi

Dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi pil kontrasepsi. Sebab, konsumsi pil ini secara teratur dalam 5 tahun telah terbukti dapat menurunkan risiko kanker ovarium hingga 50%. Pencegahan kanker ovarium bertahan bertahun-tahun setelah pil kontrasepsi dikonsumsi.

Namun, konsumsi pil kontrasepsi mungkin dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan memiliki efek samping lainnya. Berkonsultasilah dengan dokter perihal kelebihan dan kekurangan pil kontrasepsi sebelum memutuskan mengonsumsinya.

Pengangkatan Ovarium dan Tuba Falopi

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko kanker ovarium, terutama jika terdapat riwayat keluarga kanker ovarium atau payudara pada usia muda, ialah dengan melakukan pengangkatan ovarium dan tuba falopi. Lakukan pengangkatan di rentang usia 35-40 tahun atau saat Anda sudah tak berencana menambah anak.