Jangan Lakukan 10 Kesalahan Diet Ini

Tips Sehat

Beberapa kesalahan ini dapat mempengaruhi berat badan Anda. Jika jeans faovorit sudah tidak muat, timbangan berhenti di angka yang sama, atau berat badan Anda turun tapi naik lagi, berarti ada kemungkinan Anda melakukan satu dari 10 kesalahan diet ini.

kenapa gagal diet

Mengandalkan Diet Cepat

Bertekad turun 5 kg secara singkat, Anda beralih ke diet cepat. Mungkin rencana Anda hanya makan jeruk dan sup kubis setiap hari. Anda memangkas asupan kalori harian hingga kurang dari 1000 dan tentu saja berat badan Anda turun beberapa kilo.

Tapi ketika Anda makan kalori sedikit saja, Anda melatih sistem metabolisme menjadi lambat. Kesalahan diet yang Anda lakukan ini membuat berat badan kembali lagi secara cepat. Hal ini dikarenakan tubuh membakar kalori lebih lambat dari sebelumnya.

Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan memang salah satu cara mudah memangkas kalori, tapi hal ini juga akan membuat Anda cepat lapar pada siang hari. Akibatnya, Anda banyak ngemil di kantor dan makan siang dengan porsi super besar yang bisa menyebabkan Anda gagal diet.

Melewatkan sarapan juga termasuk kesalahan diet karena pola ini membuat kalori melambung dalam tubuh. Tips diet yang pertama, jangan melewatkan sarapan. Sarapan dengan protein dan serat tinggi dapat menahan rasa lapar seharian. Faktanya, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sarapan setiap pagi lebih mampu menjaga berat badan.

Baca juga: Baru Mulai Diet Karbo? Ini Panduannya!

Menghilangkan Jejak Cemilan

Mungkin Anda dapat menghitung tiap kalori dalam makanan, tapi bagaimana dengan semua cemilan sebagai selingan? Ada sekantong kue kering di meja, sepotong kue kecil di sebuah pesta, es krim cone setelah makan malam.

Semua kudapan ini bertambah dan bisa menyabotase program diet Andayang tidak terencana dengan baik. Anda pun terancam gagal diet. Jadi jika Anda serius dengan jumlah kalori dalam tubuh, gunakanlah smartphone atau notebook Anda untuk mencatat kalori tiap gigitan.

Anti Cemilan

Jika  “ngemil spontan” dapat menambah ukuran pinggang, maka cemilan yang direncanakan malah dapat memberi hasil yang berbeda. Orang yang maengonsumsi beberapa makanan kecil dan makanan ringan setiap harinya lebih mungkin mengendalikan rasa lapar dan menurunkan berat badan.

Ngemil membantu Anda menjaga metabolisme tetap tinggi, khususnya jika cemilan Anda kaya akan protein. Tips diet berikutnya adalah pilih cemilan berupa kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi. Penelitian juga menunjukkan orang yang ngemil kacang-kacangan cenderung lebih ramping.

Perbanyak Makanan Low-Fat

Produk low-fat dapat berperan penting dalam program diet. Perlu diingat bahwa low-fat tidak sama dengan rendah kalori. Jadi, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi makanan low-fat sebanyak yang Anda mau.

Setumpuk kue low-fat tetap mengandung lebih banyak kalori dibanding sepotong kecil kue biasa. Jalan terbaik untuk mengetahui seberapa banyak lemak, gula, dan kalori yang Anda dapatkan adalah dengan mengecek label nutrisi.

Menyeruput Terlalu Banyak Kalori

Ketika menghitung kalori, kebanyakan dari kita cenderung mengabaikan apa yang kita minum. Ini merupakan kesalahan besar, apalagi kebanyakan minuman kopi di kafe dan cocktail mengandung lebih dari 500 kalori. Bahkan kalori dalam jus buah dan soda dapat bertambah karena adanya pemanis buatan.

Minum Air Putih Terlalu Sedikit

Ini adalah satu kesalahan diet yang harus diperbaiki. Air putih penting untuk membakar kalori. Jika Anda membiarkan tubuh mengalami dehidrasi, metabolisme akan melambat, yang berarti, penurunan berat badan akan berjalan lebih lambat. Jadi cobalah menambahkan segelas air putih pada setiap jadwal makan dan ngemil.

Menghindari Olahan Susu

Susu penuh lemak, keju, dan es krim adalah tabu bagi mereka yang sedang diet, tapi menghindari jenis makanan tersebut bisa jadi tidak efektif. Beberapa penelitian menyatakan tubuh membakar lebih banyak lemak ketika asupan kalsium cukup dan memproduksi lebih banyak lemak ketika asupan kalsium sangat berkurang.

Suplemen kalsium tidak dapat menunjukkan hasil yang sama, tapi produk olahan susu bisa melakukannya. Tips diet: tetap konsumsi olahan susu, tapi pilihlah jenis non-fat atau low-fat.

Terlalu Sering Drive-thru

Drive-thru adalah pilihan yang pas setelah sibuk seharian bekerja, dan Anda bisa selalu memesan salad atau pilihan makanan sehat lainnya. Tapi saat berada di sana, bisakah Anda menolak milkshake atau lainnya?

Jika Anda sudah takluk pada godaan dan memesan milkshake, kentang goreng, atau lainnya, hal ini akan menjadi kebiasaan. Berdasarkan sebuah studi, orang yang makan fast food lebih dari dua kali dalam seminggu, berat badannya bertambah 5 kg dibandingkan mereka yang hanya sekali seminggu.

Baca juga: 7 Trik untuk Mengontrol Nafsu Makan Berlebih

Membuat Target yang Tidak Realistis

Mengatakan pada diri sendiri, bahwa berat badan akan turun 10 kg pada minggu pertama sama saja dengan mempersiapkan diri untuk gagal diet. Jika Anda tahu Anda tidak dapat melakukannya, Anda mungkin tidak memposisikan diet sebagai prioritas utama.

Jika Anda melakukan program diet dan berat badan pun berhasil turun 2 kg dalam seminggu, bukannya senang, Anda malah berkecil hati karena target yang tidak tercapai.

Target yang masuk akal sangat penting demi diet yang sukses. Jika Anda tidak yakin target apa yang sesuai untuk Anda, lakukanlah konsultasi dengan ahli diet.

laugh like a spongebob, kerupuk lovers. kopi hitam lovers. nocturnal.