Jangan Lakukan 10 Hal Berikut Jika Ingin Tidur Nyenyak Malam Ini

Anda sering mencari cara mengatasi susah tidur di malam hari? Hindari 10 hal berikut untuk menjadi cara agar cepat tidur malam ini.

Makan Sebelum Tidur

Tidur dengan perut penuh tentu tidak nyaman dan menyebabkan Anda terganggu di malam hari. Selain itu, juga akan sangat mengganggu apabila harus terbangun tengah malam untuk pergi ke toilet.

Tips tidur cepat pertama dari kami adalah hindari makan di dekat waktu tidur. Makan dekat waktu tidur dapat menjadi penyebab Anda merasa mulas di malam hari atau bahkan memicu terjadinya penyakit maag. Penuhnya perut saat tidur juga bisa memicu timbulnya dengkuran saat tidur.

Tidur-tiduran di Ranjang

Saat memiliki kesulitan dalam tidur, yang perlu Anda lakukan adalah hindari untuk tidur-tiduran di ranjang. Terjaga di atas ranjang hanya akan membuat pikiran Anda terasosiasi dengan kegiatan jauh dari tidur.

Cobalah untuk melakukan aktivitas yang membuatmu rileks saat di atas ranjang. Misalnya dengan membaca buku. Jika belum bisa juga tidur juga, segera menjauh dari ranjang untuk mengatur ulang pikiran Anda.

Baca juga: Pengaruh Kurang Tidur terhadap Kesehatan Wanita

Tidur di Tempat yang Terlalu Dingin, Panas, atau Berisik

Berada di tempat yang penuh rangsangan terhadap indera Anda adalah hambatan terbesar untuk segera tidur. Tubuh Anda menjadi tidak rileks dan tetap aktif untuk merespons rangsangan yang ada.

Saat Anda ingin tidur, jauhi suara-suara yang terdengar ribut, lampu yang terang dan tempat dengan suhu yang membuat tubuh Andamenjadi kurang nyaman. Aturlah kamar tidur menjadi lebih nyaman dengan lampu yang temaram, tenang, dan suhu yang sejuk.

Tidur Siang

Cara agar cepat tidur selanjutnya adalah hindari tidur siang. Saat Anda kesulitan tidur di malam hari, perbanyak aktivitas di siang hari.

Dengan banyaknya aktivitas siang hari, energi Anda akan tersisa sedikit saat malam dan tubuh Anda butuh tidur untuk mengisi mengembalikan energi yang terpakai.

Meskipun beberapa budaya memandang tidur siang adalah kebiasaan yang baik, Anda tetap harus hindari ini sebagai cara mengatasi susah tidur di malam hari.

Menjadikan Kamar Multifungsi

Memenuhi kamar Anda dengan berbagai perangkat elektronik dapat memengaruhi kebiasaan saat di kamar. Televisi, komputer, konsol game dan berbagai perangkat elektronik lain akan membuat Anda menjadi ingin beraktivitas.

Akhirnya, pikiran Anda terbiasa menganggap kamar adalah ruangan multifungsi, bukan lagi sebagai tempat untuk tidur. Kurangi perangkat elektronik multifungsi dari kamar Anda. Misalnya dengan mulai mengisi baterai HP di luar kamar. Jadikan kamar Anda hanya sebagai tempat untuk tidur.

Merokok atau Konsumsi Kafein dan Alkohol

Kandungan kafein dalam kopi akan merangsang pikiran Anda terjaga dalam beberapa jam. Selain di dalam kopi, kafein juga terdapat di dalam teh dan minuman bersoda.

Hindari mengonsumsi minuman tersebut agar tubuh Anda tidak terus terjaga di malam hari. Sama seperti kafein, kandungan nikotin dalam rokok juga akan mengganggu kemampuan tidur Anda. Hindari merokok mulai dari sekarang, apalagi saat menjelang tidur.

Berbeda dengan kafein dan nikotin, beberapa orang berpendapat alkohol akan memudahkan Anda untuk tidur. Karena saat mengonsumsi alkohol akan menyebabkan Anda merasa mengantuk.

Tetapi, kantuk yang disebabkan alkohol akan mengganggu waktu tidur Anda. Saat efeknya hilang, Anda akan kembali terjaga. Hindari kebiasaan ini sesegera mungkin sebagai salah satu tips tidur cepat Anda.

Mengurangi Tidur di Saat Sibuk

Setiap orang pasti punya kesibukan yang berbeda. Terkadang, waktu yang dimiliki terasa kurang kemudian memotong waktu tidur.

Mengambil tambahan waktu dari waktu tidur bukanlah hal yang baik. Karena kebiasaaan ini akan memengaruhi jumlah waktu tidur Anda di saat tidak sibuk dan menyebabkan Anda susah tidur saat membutuhkannya.

Beraktivitas Hingga Menjelang Tidur

Tidur adalah kegiatan yang tenang dan rileks bagi tubuh. Sebaiknya, siapkan tubuh Anda secara perlahan untuk tidur dengan mengurangi aktivitas ketika waktu tidur sudah dekat,

Beraktivitas hingga menjelang tidur mengganggu transisi tubuh untuk tidur. Tubuh tidak bisa langsung berubah sesuai kehendak kita untuk istirahat.

Persiapkan waktu untuk tidur kira-kira 30-60 menit menjelang tidur. Misalnya dengan mandi air hangat, mendengarkan musik yang santai, atau membaca buku. Pastikan tubuh benar-benar rileks dan siap untuk menyambut waktu tidur Anda.

Baca juga: Mata Lelah? Ini Penyebabnya!

Berolahraga Menjelang Tidur

Berolahraga memang dianjurkan untuk dilakukan minimal 30 menit setiap hari. Tapi, berolahraga sebelum tidur bukanlah ide yang bagus untuk dilakukan.

Karena dengan berolahraga, maka suhu tubuh, detak jantung, dan tekanan darah Anda meningkat. Hal ini menandakan tubuh sedang aktif. Hindari untuk langsung tidur setelah berolahraga. Cobalah meminimalisir kegiatan berat seperti olahraga sebelum tidur.

Waktu Tidur yang Berbeda Setiap Hari

Kegiatan sehari-hari biasanya timbul karena kebiasaan, termasuk waktu tidur. Waktu tidur dan bangun yang berbeda-beda setiap hari menyulitkan tubuh untuk terbiasa.

Atur kembali waktu tidur Anda agar tubuh membiasakan diri kapan harus tidur dan bangun. Anda bisa memulai dengan mengatur alarm yang sama setiap harinya. Sehingga, tubuh terbiasa tidur cukup dan Anda pun bisa beraktivitas dengan bugar.

%d bloggers like this: