Jahe untuk Mengatasi Kram Haid, Ampuhkah?

Untuk mengatasi masalah kram haid, banyak wanita beralih ke ramuan jahe. Hal tersebut dikarenakan jahe memiliki khasiat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu meringankan rasa sakit seperti kram menstruasi dan sindrom pra-menstruasi (PMS). Lalu, apa yang membuat khasiat jahe begitu ampuh untuk mengatasi kram perut saat haid?

mengatasi kram perut saat haid

Mengapa Jahe Digunakan untuk Mengatasi Masalah Haid?

Penelitian menunjukkan adanya komponen dalam jahe (Zingiber officinale) yang dapat membantu menghambat produksi prostaglandin dalam tubuh (kelas pro-inflamasi yang terlibat untuk memicu kontraksi otot yang membantu rahim melepaskan lapisannya). Karena penyebab kram haid berhubungan dengan produksi prostagladin yang berlebihan, maka mengonsumsi jahe sebagai suplemen makanan atau dalam bentuk teh dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat haid atau gangguan dysmenorrhoea.

Penelitian Mengenai Jahe dan Masalah Haid

Penelitian beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa jahe dapat mengatasi kram perut saat haid. Salah satunya adalah penelitian yang terdapat dalam jurnal Archives of Gynecology and Obstetrics pada 2014, dikatakan bahwa 122 siswa perempuan yang mengalami nyeri saat dibagi dalam dua kelompok secara acak.

Selama dua kali masa menstruasi, kelompok pertama diberi 250 mg rebusan jahe setiap 6 jam, sedangkan kelompok kedua diberi 250 mg asam mefenamat (obat anti inflamasi non streroid yang biasanya digunakan untuk mengatasi kram perut saat haid) setiap 6 jam. Hasilnya adalah baik meminum rebusan jahe dan obat asam mefenamat, secara efektif mampu mengatasi kram perut saat haid.

Pada 2009, sebuah artikel dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine mengadakan sebuah penelitian dengan sampel sebanyak 150 wanita yang mengalami kram saat haid. Mereka menerima perawatan dengan rebusan jahe, asam mefenamat, dan ibuprofen selama periode pertama. Pada akhir perawatan, tingkat keparahan nyeri berkurang di semua kelompok. Terlebih lagi, tidak ada perbedaan antara kelompok mengenai nyeri atau kepuasaan selama perawatan.

Baca juga: Pre-Menstrual Syndrome, Apakah Anda Mengalaminya?

Selain itu, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengendalikan pendarahan hebat saat menstruasi. Sebuah uji klinis yang dimuat dalam jurnal Phytotherapy Research pada 2015, sebagai sampel, dipilih 92 wanita yang mengalami pendarahan hebat saat menstruasi, kemudian mereka menerima perawatan dengan jahe atau plasebo selama tiga kali masa menstruasi. Pada akhir penelitian, peneliti menemukan mereka yang menggunakan jahe mengalami penurunan pendarahan secara dramatis.

Pendarahan hebat saat menstruasi tidak hanya menjadi penyebab kram haid, tetapi juga menyebabkan komplikasi seperti anemia defisiensi dan karena dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang mendasar seperti mioma uteri dan polip serviks, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter, jika Anda mengalami pendarahan yang berlebihan.

Efek Samping

Jahe sangat aman untuk semua orang, seperti yang dinyatakan National Institutes of Health. Meskipun begitu, penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti diare dan mulas.

Jahe sebagai Alternatif untuk Mengatasi Nyeri Haid

Strategi merawat diri saat mengalami nyeri haid antara lain memijat atau mengoleskan minyak angin, balsem ke perut bagian bawah, mengurangi asupan garam, gula, alkohol dan kafein, berlatih teknik manajemen stres seperti yoga dan berolahraga secara teratur dapat membantu mengatasi kram perut saat haid.

Selain itu, mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung vitamin B6, kalsium dan magnesium dapat membantu Anda mengatasi masalah menstruasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi asam lemak omega 3 atau menggunakan obat herbal seperti dong quai dan daun raspberry merah juga dapat membantu menangkan nyeri haid sampai tingkat tertentu.

Bagi Anda yang mengalami nyeri haid juga dapat mencoba menggunakan aromaterapi. Ada penelitian yang menyatakan bahwa memijat perut bagian bawah dengan campuran minyak essense yaitu lavender, clary sage, dan marjoram dapat mengatasi kram perut saat haid.

Baca juga: Kenali Gejala dan Tanda Menstruasi Abnormal

Di Luar Menstruasi: Perbanyak Penggunaan Jahe

Tidak hanya saat nyeri menstruasi, jahe juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi mual pasca operasi, meringankan nyeri osteoarhritis dan membantu pencegahan morning sickness.

laugh like a spongebob, kerupuk lovers. kopi hitam lovers. nocturnal.

%d bloggers like this: