Inilah Mengapa Pasangan dalam Hubungan Bahagia Pun Bisa Selingkuh

Tips Cinta

Alasan pasangan selingkuh bisa berbagai macam dan itu menjadi tanda hubungan harus diakhiri. Selingkuh berarti tidak dapat menjaga komitmen yang sudah ada dan gampang berpaling ke hati yang lain. Dalam hubungan yang bahagia pun, pasangan dapat selingkuh. Mengapa bisa begitu?

alasan pasangan selingkuh

TIDAK ada yang menyukai perpisahan karena pihak ketiga atau adanya perselingkuhan. Pasangan dapat berpaling ke lain hati karena berbagai faktor. Ada yang beranggapan karena salah satu pihak kurang perhatian atau tidak adanya komunikasi yang baik.

Namun, patut diketahui bahwa perselingkuhan dapat juga terjadi di hubungan yang kelihatannya bahagia.  Hubungan yang terlihat bahagia ternyata dapat retak karena pasangan yang tidak setia. Berikut alasan pasangan selingkuh sekalipun hubungan itu berjalan baik.

Pasangan yang berselingkuh berusaha berhubungan kembali dengan sesuatu

Pasangan yang berselingkuh bukan berarti dia mencoba menarik diri dan melepaskan diri dari pasangannya. Mereka hanya ingin menemukan sesuatu yang telah hilang dalam diri mereka dan juga dalam hubungan yang sedang dijalaninya. Bisa jadi dia sedang mencari kebebasan, bisa jadi gairah, atau sesuatu yang lain sama sekali.

Memang menyakitkan bahwa Si Dia mencari sesuatu di luar hubungan yang sedang berjalan dan itu menjadi tanda hubungan harus diakhiri. Namun, itu tidak berarti dia tidak bahagia. Mungkin saja dia malu untuk mengakui perasaan dan kebutuhan yang dia inginkan.

Baca juga: Waspadai 8 Lokasi Favorit Pria untuk Selingkuh

Faktor biologis

Perselingkuhan dapat terjadi dalam kondisi apapun dan di budaya manapun. Dari beratus tahun yang lalu, masih banyak orang melakukan perselingkuhan sampai sekarang.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Alasannya karena faktor biologis.

Kebutuhan biologis dalam diri untuk mempunyai keturunan dalam bentuk ikatan cinta dapat mendorong alasan pasangan selingkuh. Bagi pria, memiliki wanita lain berarti memiliki lebih banyak anak, sehingga si pria memiliki lebih banyak kesempatan untuk meneruskan DNA mereka di masa yang akan datang.

Sedangkan bagi wanita, perselingkuhan dengan pria lain adalah jaminan, jika suatu saat suaminya meninggal atau meninggalkannya, si wanita membutuhkan pria lain untuk melindunginya.

Perasaan ini ada di alam bawah sadar manusia dan sebenarnya ada dalam biologis setiap manusia. Namun, alasan pasangan selingkuh ini sekali lagi menjadi tolak ukur bagaimana Anda mengendalikan hawa nafsu.

Baca juga: Si Dia Ketahuan Selingkuh? Ini yang Harus Dilakukan

Perselingkuhan dapat terjadi begitu saja

Alasan pasangan selingkuh dapat datang begitu saja. Setiap orang dapat saja tergoda. Rekan kerja yang setiap hari Anda temui dapat saja menjadi godaan terbesar bagi Anda.

Dalam lingkungan pekerjaan atau pertemanan, ada perhatian dan sanjungan dari orang lain yang secara tidak sadar membuat Anda tertarik. Apalagi jika Anda baru saja mengalami hari yang buruk dan membutuhkan teman bercerita saat itu juga. Kondisi rentan seperti inilah dapat memancing seseorang untuk berselingkuh.

Selingkuh bisa terjadi pada siapa saja dan kuncinya adalah komunikasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa selingkuh dapat terjadi pada siapa saja, meskipun hubungan itu terlihat harmonis dan bahagia. Anda mungin tidak dapat membaca tanda-tanda pasangan selingkuh karena merasa hubungan yang sedang dijalani terlihat bahagia.

Namun, untuk menghindari tanda-tanda main hati, kuncinya adalah komunikasi dengan pasangan. Anda harus berani membicarakan tentang perasaan Anda dan tidak menutupi keadaan dan perasaan Anda. Jika Anda semakin menutupi keadaan maka akan menyebabkan hancurnya hubungan asmara.

Baca juga: 3 Alasan Sebenarnya Wanita Selingkuh

Jika Anda memperhatikan bahwa Anda merasakan ketertarikan pada rekan kerja atau memiliki fantasi seksual tentang orang lain, sebaiknya katakan sesuatu kepada pasangan Anda. Bicarakan dengan pasangan Anda dan jelaskan mengapa Anda merasakannya.

Mungkin secara tidak sadar, Anda mencoba mengatakan bahwa Anda tidak cukup puas secara fisik atau Anda merasa tidak dihargai. Jika Anda membicarakannya, Anda dan pasangan dapat memperbaiki hubungan yang ada.

Jika Anda merasa ini menjadi tanda hubungan harus diakhiri, maka tetap harus katakan perasaan yang ada kepada pasangan. Kenyataan memang menyakitan. Namun, komunikasi tetap harus ada untuk menghindari konflik yang berkepanjangan.

Manusia kadang-kadang tergoda dan karena itulah. penting untuk mengendalikan hawa nafsu yang ada. Patut diingat bahwa selingkuh itu hanya akan menyakiti perasaan orang lain. Untuk itu, jaga hati dan perkuatlah komunikasi dengan pasangan untuk menghindari perselingkuhan.

An owl who likes coffee, movies and humanity.