Ini Tandanya Anda Menjalani “Toxic Relationship”!

Hubungan tidak sehat atau toxic relationship dapat terjadi bukan saja dalam konteks romansa, tapi juga dalam pertemanan. Toxic relationship bukan saja tentang perilaku abusive, seperti menghardik, mencela, atau memukul. Banyak hal lain yang menandakan Anda sedang berada dalam hubungan tidak sehat. Apa saja?

SETIAP orang mungkin pernah berada dalam sebuah hubungan tidak sehat dan ini meninggalkan perasaan tidak nyaman yang bertahan hingga lama. Ya, butuh waktu yang tidak singkat untuk melupakan hubungan yang bermasalah. Mungkin pula saat itu ada perasaan bersalah dalam diri Anda karena telah mengakhiri hubungan dengan seseorang.

Namun, perlahan-lahan, seiring berjalannya waktu, Anda akan dapat melihat bahwa ada hubungan yang perlu dilanjutkan, ada pula yang tidak, terutama jika hubungan tersebut mengarah pada toxic relationship. Agar Anda dapat sesegera mungkin keluar dari hubungan yang tidak sehat, kenalilah tanda-tandanya di bawah ini.

Semua yang Anda Lakukan Sepertinya Salah

Dalam sebuah toxic relationship, pasangan ataupun teman Anda kerap memojokkan Anda. Pihak kedua ini seolah tidak pernah berhenti melihat kekurangan diri Anda dan semakin hari Anda merasa semakin tak percaya diri dan malu. Sedikit demi sedikit, power Anda dalam hubungan ini pun semakin berkurang.

Dan, semakin lama, hubungan ini akan terasa tak nyaman untuk Anda. Untuk menentukan langkah selanjutnya, tanyakan beberapa pertanyaan ini pada diri sendiri. Apakah Anda menyukai orang ini? Apakah orang ini baik untuk Anda? Apakah orang ini mengeluarkan sisi terbaik dari dalam diri Anda? Bagaimana perasaan Anda saat berada di dekatnya? Apakah orang ini lebih banyak mengkritik Anda daripada menunjukkan kasih sayang? Nah, pertanyaan-pertanyaan ini akan sangat menentukan sikap Anda selanjutnya.

Baca juga:

a passionate writer