Ini Tandanya Anda Menjalani “Toxic Relationship”!

Hubungan tidak sehat atau toxic relationship dapat terjadi bukan saja dalam konteks romansa, tapi juga dalam pertemanan. Toxic relationship bukan saja tentang perilaku abusive, seperti menghardik, mencela, atau memukul. Banyak hal lain yang menandakan Anda sedang berada dalam hubungan tidak sehat. Apa saja?

SETIAP orang mungkin pernah berada dalam sebuah hubungan tidak sehat dan ini meninggalkan perasaan tidak nyaman yang bertahan hingga lama. Ya, butuh waktu yang tidak singkat untuk melupakan hubungan yang bermasalah. Mungkin pula saat itu ada perasaan bersalah dalam diri Anda karena telah mengakhiri hubungan dengan seseorang.

Namun, perlahan-lahan, seiring berjalannya waktu, Anda akan dapat melihat bahwa ada hubungan yang perlu dilanjutkan, ada pula yang tidak, terutama jika hubungan tersebut mengarah pada toxic relationship. Agar Anda dapat sesegera mungkin keluar dari hubungan yang tidak sehat, kenalilah tanda-tandanya di bawah ini.

Semua yang Anda Lakukan Sepertinya Salah

Dalam sebuah toxic relationship, pasangan ataupun teman Anda kerap memojokkan Anda. Pihak kedua ini seolah tidak pernah berhenti melihat kekurangan diri Anda dan semakin hari Anda merasa semakin tak percaya diri dan malu. Sedikit demi sedikit, power Anda dalam hubungan ini pun semakin berkurang.

Dan, semakin lama, hubungan ini akan terasa tak nyaman untuk Anda. Untuk menentukan langkah selanjutnya, tanyakan beberapa pertanyaan ini pada diri sendiri. Apakah Anda menyukai orang ini? Apakah orang ini baik untuk Anda? Apakah orang ini mengeluarkan sisi terbaik dari dalam diri Anda? Bagaimana perasaan Anda saat berada di dekatnya? Apakah orang ini lebih banyak mengkritik Anda daripada menunjukkan kasih sayang? Nah, pertanyaan-pertanyaan ini akan sangat menentukan sikap Anda selanjutnya.

Baca juga: 10 Tanda Anda Mencintai Orang yang Salah

Segala Hal Selalu Tentang Dia dan Tak Pernah Tentang Anda

Hubungan tidak sehat terjadi ketika dia tak pernah mau mendengarkan perasaan Anda. Mayoritas waktu yang Anda habiskan berdua hanya untuk mendengarkan kisahnya. Tidak ada dialog dua arah dalam hubungan ini.

Kalaupun Anda memiliki kesempatan untuk bicara, toxic partner biasanya akan dengan sangat cepat berusaha mengakhiri ucapan Anda dan mencari cara untuk membicarakan dirinya lagi. Lagipula, saat Anda berbicara, daripada merespons kisah Anda dengan baik, ia akan sibuk mengarahkan kritikan-kritikan pada Anda.

Anda Tidak Menikmati Waktu Bersamanya

Anda akan merasa setiap hari dengannya adalah tantangan alih-alih kesenangan. Dia pun terlihat selalu berusaha mengontrol perilaku dan kebahagiaan Anda. Orang-orang seperti ini juga biasanya akan menjadikan hidup Anda seberantakan hidupnya.

Anda Tidak Dapat Menjadi Diri Sendiri

Dalam hubungan yang tak sehat, Anda tidak akan dapat dengan bebas menyuarakan pendapat Anda. Anda harus selalu berkata dan bersikap super hati-hati hanya agar dapat diterima oleh pasangan Anda. Semakin lama, Anda pun akan sulit mengenali diri Anda, begitu pun teman-teman dan keluarga Anda.

Anda Tidak Diizinkan untuk Tumbuh dan Berubah

Setiap Anda ingin memperbaiki diri Anda atau melakukan hal baru, toxic partner tak akan pernah mendukung Anda. Ia hanya akan meragukan Anda dan mengejek keinginan Anda. Ia juga akan berusaha membuat Anda tetap pada kondisi Anda yang sekarang.

Baca juga: 4 Tipe Pria yang Tidak Akan Pernah Berubah

Bebaskan Diri Anda

Seseorang yang tidak sehat akan berusaha mencari “partner in crime”. Karena itulah, perubahan diri Anda akan sangat menakutkan baginya. Jika Anda mulai meragukan hubungan Anda dan mempertanyakan kebermanfaatan satu sama lain, mungkin inilah saatnya Anda meninggalkan hubungan tidak sehat ini.

a passionate writer

%d bloggers like this: