Ini Dia 5 Metode Kontrasepsi Alami Yang Bisa Anda Coba

Bagi pasangan yang sedang mempertimbangkan metode kontrasepsi, selalu ada cara menunda kehamilan secara alami. Hanya saja saat pasangan memutuskan untuk menggunakan metode kontrasepsi alami, mereka harus berkomitmen penuh dalam prakteknya.

cara menunda kehamilan secara alami

KETIKA belum ada pil KB, IUD, ataupun jenis kontrasepsi lainnya, pasangan yang belum siap punya anak biasanya akan menggunakan metode kontrasepsi alami. Bahkan hingga kini beberapa pasangan masih tetap memakai cara jadul tersebut karena berbagai alasan, salah satunya adalah demi menghemat pengeluaran.

Lalu, bagaimanakah cara menunda kehamilan secara alami? Cara mencegah kehamilan secara alami yang dimaksud di sini sangat bergantung pada tindakan kedua belah pihak, baik suami maupun istri. Dan karena pencegahan kehamilannya hanya mengandalkan aksi semata-mata, maka dibutuhkan komitmen, penguasaan diri, serta disiplin tinggi saat melakukannya.

Namun jika dibanding metode kontrasepsi lainnya, cara menunda kehamilan secara alami ini memiliki beberapa keuntungan, yaitu gratis dan tidak menimbulkan efek samping. Lantas apa saja jenis kontrasepsi alami yang bisa Anda coba?

1. Tidak berhubungan intim

Selain 100% mencegah kehamilan, tidak berhubungan intim sama sekali juga merupakan cara paling mujarab untuk menghalangi penularan penyakit menular seksual (PMS). Akan tetapi, tak semua pasangan bersedia melakukannya. Namun bila kedua belah pihak setuju, maka cara pertama ini sudah cukup ampuh untuk mencegah kehamilan.

2. Withdrawal

Withdrawal atau senggama terputus merupakan aksi menarik keluar penis dari vagina sebelum ejakulasi. Sayangnya, metode ini tak 100% efektif karena sebelum ejakulasi, pria yang dalam kondisi terangsang biasanya akan mengeluarkan sedikit cairan dari penisnya. Dan umumnya cairan tersebut sudah mengandung sedikitnya 300 ribu sperma. Nah, kalau ada 1 sperma saja yang berhasil berenang menghampiri dan membuahi sel telur, maka otomatis kehamilan pasti terjadi.

Kelemahan metode withdrawal lainnya adalah butuh penguasaan diri yang baik dari pihak suami. Ia harus tahu kapan waktunya untuk menarik penis keluar agar ejakulasi tak sampai terjadi dalam (atau dekat) vagina.

Baca juga: Pro & Kontra Senggama Terputus (Withdrawal)

3. Berhubungan intim di luar masa subur

Sama halnya dengan perempuan yang ingin segera hamil, wanita yang ingin menunda punya anak juga harus tetap memantau masa suburnya, hanya untuk tujuan yang berbeda. Ia harus menghindari hubungan intim (tanpa pengaman) pada masa subur.

Metode satu ini boleh dibilang butuh usaha ekstra karena istri harus rajin memeriksa suhu basal tubuhnya atau tekstur cairan yang keluar dari vaginanya. Ia harus mencatat itu semua agar tahu kapan waktunya ovulasi.

Untungnya, sekarang sudah ada beberapa aplikasi yang bisa membantu istri memantau perubahan dalam tubuhnya sehingga memudahkannya untuk tahu kapan waktunya ovulasi. Setelah tahu soal kapan masa subur istri, pasangan harus sama-sama bersedia ‘puasa’ berhubungan intim selama 7 hari sebelum dan 2 hari sesudah ovulasi.

Baca juga: Cara Mengetahui Tanggal Ovulasi Anda

4. Outercourse

Istilah outercourse merupakan kebalikan dari intercourse. Gaya bercinta outercourse meliputi mencium, pijatan erotis, stimulasi manual (menggunakan tangan), masturbasi, menyentuh atau menjelajahi satu sama lain, seks oral, berimajinasi, seks anal, dan/atau percintaan yang menggunakan sex toys.

Walau tak melibatkan penetrasi, namun outercourse tidak bisa mencegah penularan PMS 100% karena masih adanya kontak kulit dengan kulit atau cairan tubuh dalam metode ini. Jadi jika Anda ingin mencoba cara ini, maka gunakan dental dams atau kondom untuk menurunkan risiko penularan PMS.

5. Tetap menyusui

Aktif menyusui hingga 6 bulan pasca melahirkan juga bisa mencegah kehamilan. Mengapa menyusui bisa mencegah kehamilan? Alasannya karena hormon yang merangsang produksi susu dapat mencegah keluarnya hormon penyebab ovulasi. Akan tetapi setelah 6 bulan berlalu atau setelah haid lagi, biasanya metode ini tak lagi efektif. Metode ini juga hanya efektif bila Anda menyusui bayi sedikitnya 6 kali sehari (setiap 4 jam saat siang dan setiap 6 jam saat malam) dengan catatan, menggunakan kedua payudara.

Itulah tadi beberapa metode kontrasepsi alami yang bisa Anda coba untuk mencegah kehamilan secara aman dan gratis. Jadi mana kira-kira yang mau Anda coba lebih dulu?

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.