Ini Arti Tekstur Darah Haid yang Anda Miliki

Darah haid menggumpal seperti hati, darah haid berwarna coklat atau darah haid hitam? Apa yang dikatakan oleh darah haid Anda? Ternyata darah haid dapat mengatakan apa pun tentang kesehatan Anda, lho!

darah haid hitam

DARAH haid hitam bisa memiliki arti sesuatu telah terjadi pada tubuh Anda. Perlu Anda ingat, bahwa darah haid adalah darah yang berbeda dari darah mana pun yang ada di tubuh Anda.

Walaupun mengeluarkannya setiap bulan hampir sepanjang hidup Anda, sangat normal untuk bertanya mengenai apa yang keluar bersamanya. Apalagi, karena darah haid yang keluar tidak selalu konsisten.

“Sebuah fakta menarik bahwa darah haid berbeda dari seluruh darah tubuh kita. Karena biasanya tidak menggumpal, yang masuk akal adalah jika darah bergumpal maka tidak akan bisa keluar, “kata Jennifer Ashton, M.D., Obstetri dan Ginekologi .

Jadi jika darah haid Anda berbeda dengan darah di bagian lain tubuh, seperti apakah bentuknya? Meskipun Ashton mencatat bahwa belum ada analisis ilmiah yang ketat mengenai kekentalan menstruasi, “Menurut saya cara terbaik untuk menggambarkannya adalah bahwa seharusnya tidak encer dan tidak pula kental seperti saus tomat.” Konsistensi darah menstruasi Anda biasanya terjadi di antara keduanya.

Tentu saja tidak selalu seperti itu. Berikut adalah bagaimana bentuk dan arti dari darah haid.

Darah Haid Menggumpal Seperti Hati

Sesekali dalam periode yang berat, setiap wanita akan melihat darah haid menggumpal seperti hati di toilet mereka, dan itu tidak masalah. Menurut CDC, bekuan darah yang kurang dari ukuran seperempat bukanlah masalah besar. “Tapi semakin besar gumpalan, semakin penting artinya,” kata Ashton. “Wanita seharusnya tidak mendapatkan segumpal besar dari pakaian dalam mereka atau melihatnya di toilet. Itu tidak normal.”

Baca juga: Kenali Gejala dan Tanda Menstruasi Abnormal

Pembekuan darah yang menggumpal besar bisa menjadi pertanda dari sesuatu yang hormonal atau pertumbuhan non-kanker di dalam rahim yang disebut mioma uteri.

Sebuah studi dari Rumah Sakit Wanita Birmingham menemukan bahwa 70 persen wanita memiliki mioma uteri sebelum berusia 50 tahun, dan walaupun banyak yang tidak memiliki dampak negatif, beberapa dapat menyebabkan masalah kehamilan dan rasa sakit. Jadi, Anda perlu mengonsultasikannya dengan petugas kesehatan atau dokter  untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

Encer dan Berair

Sementara, beberapa wanita cenderung memiliki haid yang lebih ringan. Darah haid yang keluar encer dan berair juga bisa menjadi tanda adanya sesuatu yang lain.

“Secara umum, jika Anda melihat darah haid berair, darah haid berwarna coklat,  atau bahkan darah haid hitam, bisa jadi berasal dari tumor ovarium atau tumor fallopi,” kata Ashton.

Sulit untuk mengatakannya tanpa pemeriksaan yang sebenarnya, jadi Anda harus membuat janji dengan dokter Anda jika Anda memerhatikan darah haid Anda terasa lebih encer dari biasanya.

Baca juga: Darah Menstruasi Lebih Sedikit dari Biasanya, Hamilkah?

Licin dan Berlendir

Jika Anda memerhatikan bahwa menstruasi Anda sedikit lebih licin daripada biasanya, itu mungkin karena darah menstruasi Anda telah tercampur dengan beberapa lendir serviks. “Di kanal yang mengarah ke rahim, ada sel penghasil lendir,” kata Wysocki.

Lendir ini justru membantu melindungi dan mengarahkan sperma ke telur, atau bisa juga menebal bila dipengaruhi oleh kontrasepsi hormonal untuk mencegah kehamilan. Meskipun begitu, ini bukan masalah besar jika sebagian tercampur dengan darah haid Anda.

Andalah yang tahu tubuh Anda dengan baik. Jadi jika ada yang tidak beres, buat janji untuk bertemu dengan dokter Anda sesegera mungkin.