Ingin Kencan Pertama Berlanjut ke Kedua? Tanyakan Ini Kepada Si Dia!

Tips Cinta

Bagi Anda, para single yang sedang mencari pasangan, kencan pertama bisa jadi sesuatu yang tidak Anda suka tapi harus dilakukan untuk menemukan “The One”. Anda katakan pada diri sendiri di cermin, “Tenang, ini gampang. Hanya perlu perkenalan satu sama lain, ngobrol apa saja. Bukan masalah besar.” Tapi setelah kencan pertama, Anda merasa ada ketertarikan dengan si Dia, lalu muncul kekhawatiran apakah dia juga menyukai Anda dan ingin bertemu lagi dengan Anda. Jadi, apa yang perlu Anda persiapkan saat kencan pertama agar berlanjut ke kencan kedua?

kencan pertama

MENURUT sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan Journal of Personality and Social Psychology, ada beberapa pertanyaan jitu yang diperlukan saat kencan pertama. Peneliiti dari Harvard Business School melakukan tiga studi untuk melihat bagaimana cara mengajukan pertanyaan yang mereka sebut “perilaku percakapan yang bisa dipahami” dapat berperan dalam kecocokan.

Dengan kata lain, apakah mengajukan pertanyaan bisa membuat Anda lebih menyenangkan? Mereka mengumpulkan tiga sesi kencan cepat di mana mereka menganalisis perilaku 100 pria dan wanita yang diberi tahu untuk saling mengenal melalui kencan empat menit. Setelah itu, peserta diminta untuk menyatakan siapa yang ingin mereka temui lagi. Semua percakapan dicatat, serta berapa banyak pertanyaan yang diajukan setiap kencan.

Pada umumnya, orang akan mengajukan 10 pertanyaan setiap kencan. Tetapi mereka yang mengajukan setidaknya 15 pertanyaan akan lebih disukai sehingga kencan berlanjut. “Peserta kencan yang mengajukan lebih banyak pertanyaan memiliki kemungkinan lebih besar untuk disukai,” tulis mereka dalam penelitian tersebut.

Meskipun kelihatannya hal yang bagus, para peneliti menemukan bahwa banyak orang tidak suka mengajukan banyak pertanyaan karena merasa tidak yakin dengan pertanyaan apa yang harus diajukan, atau  khawatir akan terkesan tidak sopan atau kasar. Tapi dengan menunjukkan niat tulus pada gebetan Anda, bisa membuat suasana menjadi hangat dan nyaman.

Ini dapat membuat mereka ingin bertemu lagi dengan Anda. Jika Anda bingung pertanyaan apa yang perlu diajukan, jangan khawatir. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang perlu Anda ajukan supaya kencan pertama berlanjut ke kedua:

1. Bagaimana harimu?

Aturan nomor satu untuk percakapan pada kencan pertama adalah menjaga agar tetap santai sebisa mungkin. “Bahkan jika Anda sangat bersemangat, cobalah untuk menahannya,” saran dari Keren Eldad, pelatih Love Attraction dan pendiri With Enthusiasm Coaching. Dia juga mengatakan, “Menanyakan tentang kegiatan sehari-hari saat kencan dengan gebetan akan mengungkapkan banyak hal.”

Misalnya, Si Dia mungkin menceritakan apa yang dia lakukan, hobinya, atau bisa jadi dia menceritakan sesuatu yang lebih serius dan penting, masalah yang sedang dihadapinya, misalnya. “Pasangan kencan Anda mungkin bisa jadi menceritakannya, walaupun tidak banyak, yang penting dia sudah mulai terbuka dengan menceritakannya pada Anda,” kata Eldad. “Biarkan dia menjawab sesuka hati dan menikmati pembicaraan tersebut.”

2. Darimana kamu berasal?

Orang-orang suka menceritakan kisah hidupnya dan pertanyaan “Darimana kamu berasal?” menjadi awalan untuk mengetahui data singkat gebetan Anda,” kata Eldad. Jadi, biarkan Si Dia membagikan ceritanya dan ikuti alurnya dengan mengajukan banyak pertanyaan sesuai dengan apa yang dia ceritakan.

Pertanyaan ini adalah jenis pertanyaan yang membantu Anda untuk mengetahui beberapa hal pribadi tentangnya. Jika Anda merasa ada “percikan”, sentuh tangannya, tatap matanya dan nikmati momen tersebut. Pertanyaan sederhana itu pasti bekerja pada kencan pertama dan ada kemungkinan kencan berlanjut.

Baca juga: Bicarakan 5 Topik Ini Supaya Kencan Pertama Tidak Canggung

3. Apa yang sedang kamu cari?

“Tidak, ini bukan pertanyaan jebakan,” kata Eldad. “Anda sedang berkencan, dia sedang berkencan, dan jika Anda suka dengan sesuatu yang real, tanyakan pertanyaan tersebut.”

Jadi, jika Anda merasa cukup kuat dan tahu apa yang Anda inginkan, Anda harus yakin dan lihat apakah ada cela untuk kencan berlanjut. Namun, jika Anda tidak nyaman dengan pertanyaan ini pada saat kencan, tidak masalah. Anda bisa mulai dengan hobi dan mengajukan pertanyaan seperti “Apa yang biasanya kamu lakukan?”

4. Siapa yang kamu idolakan?

Satu hal yang para single rasakan adalah tidak ada yang mau merasa seperti mereka sedang diwawancara kerja atau sedang berkonsultasi dengan terapis.  Setiap orang pasti lebih menikmati percakapan yang santai dan mengalir begitu saja, serta merasa senang jika lawan bicaranya tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang dirinya.

Jadi, jika Anda memilih tempat kencan dengan gebetan di sports bar dan sedang berlangsung sebuah pertandingan sepak bola, basket, atau olahraga apapun yang sama-sama kalian gemari, Anda berdua dapat membahasnya. Jadikan itu topik pembicaraan mulai dari siapa pemain favorit kalian, atau kapan terakhir kalian menonton pertandingannya.

Anda dan Si Dia juga bisa membicarakan topik yang lebih ringan seperti aktivitas sehari-hari, kegiatan apa yang biasa dilakukan di akhir pekan atau hal menarik lainnya. Ini dapat membuat suasana tetap santai dan membantu Anda berdua untuk menemukan minat yang sama.

5. Adakah sesuatu yang ingin kamu coba yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya saat berkencan?

Setelah menanyakan hobi, tanyakan pertanyaan ini saat kencan pertama. Dengan menanyakan hal yang ingin Si Dia lakukan dapat menciptakan semacam ikatan emosional dan kencan pun berpotensi berlanjut ke kencan kedua.

Anda dan pasangan kencan bisa saling tertarik untuk kencan selanjutnya dan ada sesuatu yang diharapkan dari hubungan tersebut. Tambahan juga, pertanyaan tersebut cukup meyakinkan Si Dia saat kencan pertama bahwa Anda tertarik untuk bertemu lagi dengannya.

Baca juga:  5 Ide Kencan Pertama Seru

6. Apa hal paling menarik yang terjadi saat kuliah dulu?

Ajukan pertanyaan yang membuat Si Dia menceritakan sebuah cerita atau berbagi pengalaman daripada mengajukan pertanyaan yang bisa dijawab dalam bentuk singkat.  Misalnya tanyakan,“Apa jurusanmu saat berkuliah?” Cobalah menangkap sebuah cerita lucu atau hal-hal konyol dari cerita Si Dia dengan menanyakan kejadian yang tak terlupakan atau memalukan.

Secara keseluruhan,pertanyaan yang diajukan saat kencan pertama harus jelas, menarik, dan cukup terbuka agar Anda dan Si Dia dapat saling menceritakan kisah masing-masing. Kencan pertama bisa jadi terasa aneh dan canggung, tentu saja, tapi jika Anda mampu menunjukkan ketertarikan dan ketulusan kepada Si Dia, rasa canggung tersebut akan lenyap dengan sendirinya. Percakapan mengalir begitu saja dan chemistry pun akan terasa jelas. Jika Anda merasa demikian, itu berarti kencan akan berlanjut ke kencan kedua.

Ice cream lover. Knows everything about movies. Knows a little about everything else.