Ingin Ganti Merk Pil KB? Ini Panduannya

Jika Anda berencana untuk ganti merk pil KB tetapi masih ragu untuk memutuskan pil kontrasepsi wanita mana yang tepat untuk Anda, ada baiknya mencari tahu pil KB yang cocok untuk Anda sebelum menggunakan produk pil KB lain. Apa saja tips untuk mengganti pil KB yang perlu Anda perhatikan?

PIL KB menjadi pilihan kontrasepsi wanita yang aman bagi wanita. Tidak heran saat ini banyak merk pil KB yang dapat menjadi pilihan bagi wanita. Pada umumnya, semua merk pil KB memiliki fungsi mencegah kehamilan dan tidak mengganggu aktivitas seksual Anda dengan pasangan. Untuk mengganti merk pil KB pun sebenarnya mudah. Namun, ada beberapa tips pil KB yang perlu Anda perhatikan saat ganti merk pil KB.

Konsultasikan dengan dokter tentang rencana Anda

Sebelum Anda membeli pil KB yang baru, ada baiknya Anda menemui dokter dan berkonsultasi tentang rencana Anda mengganti merk pil KB. Dokter pasti akan memberikan saran yang pas untuk Anda.

Dokter akan menanyakan alasan Anda mengganti merk pil KB yang sudah digunakan sebelumnya. Jelaskan kepada dokter Anda secara jelas dan tidak perlu takut akan komentar dokter. Lalu, doker akan menjelaskan berbagai merk pil KB yang dapat Anda gunakan dari merk sebelumnya.

Mencari tahu jenis pil KB yang ingin Anda ganti

Saat berniat ganti pil KB, Anda perlu mengetahui jenis pil KB yang akan Anda konsumsi. Perlu diketahui ada 2 jenis pil KB, yaitu pil kombinasi dan pil progesteron.

Pil kombinasi adalah pil yang mengandung hormon estrogen dan progesteron, sedangkan pil progesteron hanya mengandung hormon progesteron. Kedua jenis pil ini 99% efektif jika digunakan secara tepat.

Jika Anda hanya mengganti merk pil KB dari pil jenis kombinasi ke pil progesteron atau sebaliknya, maka Anda dapat bertanya pada dokter merk pil yang dapat Anda konsumsi. Namun, jika Anda ingin beralih dari pil kombinasi ke pil progesteron atau sebaliknya, berikut tips pil KB jenis kombinasi dan progesteron yang patut Anda ketahui:

Beralih dari pil kombinasi ke pil progesteron

Jika ingin segera memiliki proteksi kehamilan, Anda dapat mengonsumsi pil progesteron sehari setelah Anda menghabiskan pil kombinasi Anda (akhir minggu ke-3). Mulailah mengonsumsi pil yang baru di minggu ke-4.

Beralih dari pil progesteron ke pil kombinasi

Anda dapat mengonsumsi pil kombinasi baru Anda di hari pertama saat menstruasi. Atau, alih-alih memulai di hari pertama menstruasi, beberapa wanita memilih mengonsumsi pil baru di hari Minggu, karena pada umumnya kebanyakan pil KB diberi label hari dan hari Minggu menjadi hari pertama penggunaan pil KB.

Baca juga: Pil KB Bisa Atasi Haid Tidak Teratur

Konsumsi pil KB lama sampai habis sebelum ganti ke merk yang baru

Anda sudah memiliki rencana untuk mengganti merk pil KB dan sudah berkonsultasi ke dokter. Satu hal yang perlu diperhatikan, Anda harus mengonsumi pil KB lama Anda sampai habis sebelum mengonsumsi pil KB yang baru.

Jangan ganti pil KB di pertengahan minggu. Ada baiknya lihat label petunjuk hari di pil KB Anda.

Siapkan diri jika merasakan efek samping pil KB yang baru

Tubuh Anda akan memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan tipe dan merk pil baru. Dari sisi level, dosis hormon pun pasti akan berbeda juga.

Jadi, siapkan diri Anda jika mengalami beberapa efek samping dari pergantian pil KB maksimal 3 bulan. Jika lebih dari 3 bulan Anda merasakan efek yang tidak seperti biasanya, segera konsultasikan ke dokter dan berhenti menggunakan pil tersebut.

Baca juga: 10 Efek Samping Pil KB Paling Umum

Keputusan ganti merk pil KB ada di tangan Anda. Banyak pilihan merk bukan berarti itu menjadi hal yang gampang untuk Anda lakukan. Selalu konsultasikan dengan dokter  dan cari tahu info tentang jenis pil KB dan kontrasepsi wanita yang ingin Anda gunakan. Dokter dapat memberikan saran yang baik untuk rencana Anda.

An owl who likes coffee, movies and humanity.