Infeksi Saluran Kemih

Perawatan Infeksi Saluran Kemih

Meskipun pasien infeksi saluran kemih (ISK) sudah mendapatkan pengobatan medis dari dokter, perawatan tambahan juga diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Pasien perlu melakukan perawatan infeksi saluran kemih agar kondisinya bisa segera sembuh. Setidaknya, perawatan ini dapat meringankan gejala-gejala ISK yang cukup mengganggu.

Minum lebih banyak air

Hal sederhana yang bisa dilakukan pasien ISK untuk mempercepat penyembuhannya adalah minum lebih banyak air setiap hari. Pasalnya, air dapat membantu untuk mengeluarkan bakteri penyebab infeksi. Pasien dapat minum sekurang-kurangnya 8 gelas atau 2 liter air per hari.

Konsumsi vitamin C

Pasien harus mulai mengonsumsi suplemen vitamin C atau buah-buahan yang mengandung vitamin C. Vitamin ini dapat membuat urin menjadi asam, sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada saluran kemih.

Handuk panas untuk meredakan nyeri

Seperti yang kita ketahui, ISK menimbulkan gejala berupa nyeri, tekanan, atau sensasi terbakar di sekitar kemaluan. Untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, pasien dapat memanfaatkan handuk yang direndam di dalam air panas, lalu kompres di sekitar kemaluan selama 15 menit saja.

Hindari makanan dan minuman yang mengiritasi kandung kemih

Ketika sedang menjalani pengobatan medis, pasien juga memiliki beberapa pantangan terhadap makanan dan minuman. Adapun sejumlah makanan dan minuman yang harus dihindari untuk mencegah iritasi pada ISK adalah minuman yang mengandung kafein, nikotin, makanan pedas, alkohol, minuman berkarbonasi, dan pemanis buatan.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut dapat memperparah kondisi pasien hingga membuat kemaluan mengeluarkan darah saat buang air kecil. Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan berserat dan berkabohidrat tinggi untuk kesehatan pencernaan.

Tidak menahan buang air kecil

ISK terjadi karena sebagian pasiennya kerap kali menahan buang air kecil. Namun, selagi menjalani pengobatan, sebaiknya pasien tidak menahan buang air kecil. Ketika rasa ingin buang air kecil datang, maka segeralah untuk membuangnya. Pasalnya, saat buang air kecil, maka bakteri penyebab ISK juga ikut terbuang.

Lakukan gaya hidup yang lebih sehat

Nikotin adalah salah satu zat yang harus dihindari saat pasien menjalani pengobatan ISK. Oleh karena itu, alangkah baik jika pasien menghentikan kebiasaan merokok. Selain itu, pasien juga dapat menggunakan celana katun yang longgar. Bagi wanita, sebaiknya bersihkan organ intim dengan cara menyeka dari bagian depan ke bagian belakang (anus).

Perawatan infeksi saluran kemih di atas memang tidak dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Pasien tetap harus menjalani pengobatan secara medis. Namun, usaha perawatan ini dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah ISK kambuh kembali.