Infeksi Saluran Kemih

Pengertian Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi pada sistem kemih manusia, mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Sebagian besar kasus infeksi saluran kemih (ISK) terjadi pada saluran kemih bawah yang meliputi kandung kemih dan uretra. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam uretra.

Infeksi Saluran Kemih

Siapapun dapat mengalami ISK. Akan tetapi, perempuan lebih berisiko mengalami ISK dibanding pria. Pasalnya, perempuan memiliki saluran uretra yang lebih pendek jika dibandingkan dengan saluran uretra pria.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Gejala yang disebabkan infeksi saluran kemih adalah frekuensi rasa ingin buang air kecil yang terus menerus, nyeri dan rasa terbakar saat buang air kecil, bau menyengat pada urin, dan rasa tidak nyaman di perut dan pinggang. Namun, gejala ini juga terkadang diliputi dengan mual dan demam.

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

ISK adalah penyakit yang tidak mengancam nyawa. Namun, pasien ISK harus segera mendapatkan pengobatan medis jika tidak ingin terinfeksi penyakit ini berulang kali. Apabila ISK tidak segera diobati, maka dapat berdampak pada kesehatan reproduksi dan sejumlah komplikasi penyakit lainnya. Pada umumnya, dokter akan mengobati pasien ISK dengan menggunakan pengobatan antibiotik oral.

Namun, pasien juga harus mengimbangi pengobatan ini dengan sejumlah perawatan untuk mempercepat proses penyembuhan.  Selain itu, ada sejumlah pantangan bagi pasien ISK agar kondisi kesehatannya tidak bertambah parah.

Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Salah satu cara paling mudah untuk mencegah infeksi saluran kemih adalah dengan meminum banyak air. Dengan ini, frekuensi buang air kecil akan semakin banyak, sehingga bakteri yang mungkin menyebabkan ISK pun terdorong keluar. Selain itu, tidak menahan buang air kecil dan menjaga organ kemaluan juga dapat mencegah ISK.