Impotensi

Perawatan Impotensi

Untuk dapat membantu mengatasi masalah impotensi, maka diperlukan kerjasama antara penderita dengan dokter ahli dalam melakukan penggalian informasi untuk mendapatkan diagnosa yang akurat, hingga melakukan sejumlah hal yang sederhana yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

Perawatan impotensi bisa dilakukan oleh pasien secara mandiri dengan jalan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Sebelum melakukan sejumlah perawatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau ahli medis. Dokter akan membantu Anda dan mengarahkan Anda agar mendapatkan perawatan yang optimal.

Anda akan diberikan beberapa alternatif pemeriksaan tergantung kepada penyebab dan tingkat keparahan kondisi impotensi dan kemungkinan kondisi kesehatan lain yang menyebabkan gangguan ereksi ini.

Dokter Anda akan memberikan penjelasan resiko dan manfaat dari setiap pemeriksaan dan akan mempertimbangkan setiap pilihan terapi yang sesuai untuk Anda. Pilihan terapi yang sesuai dengan pasangan Anda juga memiliki nilai tambah dalam mengatasi masalah impotensi yang dialami.

Sejumlah perawatan untuk mengatasi impotensi bisa dilakukan dengan cara sederhana. Adapun beberapa perawatan impotensi yang bisa dilakukan sendiri oleh pasien:

  • Mulailah Berolahraga

Pria yang divonis impotensi bukan berarti tidak memiliki harapan untuk sembuh. Olahraga dapat mengurangi risiko impotensi bahkan mengatasi impotensi secara alami. Lakukan olahraga sederhana, seperti berjalan kaki setiap hari untuk menjaga pinggang tetap langsing. Pria yang memiliki ukuran pinggang 42 inci, 50 persen lebih berisiko terkena impotensi dibandingkan pria dengan ukuran pinggang 32 inci. Menurut penelitian, lingkar pinggang yang lebih lebar menandakan tingkat marker inflamasi yang lebih tinggi, resistensi terhadap insulin, risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung koroner yang bisa menjadi penyebab gangguan impotensi.

  • Fokus Olahraga di Tubuh Bagian Bawah

Melakukan sejumlah olahraga dengan titik fokus di tubuh bagian bawah dapat membuat pria impotensi dapat ereksi dengan normal. Latihan panggul atau yang dikenal sebagai senam kegel adalah usaha untuk meningkatkan kinerja kemih dan kesehatan seksual. Fokus olahraga di tubuh bagian bawah dapat meningkatkan bulbocavernosus, yaitu otot yang memungkinkan penis dialiri dengan darah saat ereksi, memompa saat ejakulasi, dan mengosongkan uretra setelah buang air kecil.

  • Mengurangi Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Minuman Beralkohol

Rokok dan minuman beralkohol adalah salah satu faktor penyebab terjadinya impotensi. Untuk membantu mengatasi impotensi, maka sangat penting untuk mengurangi kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol selama Anda menjalankan perawatan untuk menangani impotensi. Di samping itu, merokok dan konsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan beban kinerja jantung, sehingga risiko terkena impotensi pun cukup besar.

  • Konsumsi Makanan Sehat dan Segar

Penderita impotensi sangat dianjurkan untuk memperhatikan setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pasien impotensi sebaiknya tidak malas mengonsumsi buah dan sayuran. Pasalnya, baik buah dan sayur pasti menawarkan sejumlah vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk mengurangi risiko dan gejala impotensi.

Perawatan impotensi juga bisa diimbangi dengan mengelola tingkat stres. Masalah psikologis memang dapat menyebabkan kondisi impotensi jadi semakin parah. Oleh karena itu, ubah gaya hidup Anda dan lakukan manajemen stres dengan berganti suasana, berlibur, atau melakukan hal-hal yang Anda inginkan.