Impotensi

Pencegahan Impotensi

Impotensi bukanlah suatu kondisi terminal yang tidak bisa disembuhkan. Mengingat impotensi adalah masalah seksual yang memliki dampak uang cukup serius bagi Anda dan juga pasangan, maka tak ada salahnya jika para pria melakukan berbagai cara untuk mencegah impotensi dini. Tidak ada terapi mencegah impotensi secara khusus, Anda hanya perlu mengubah gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari menjadi lebih sehat.

Berikut adalah sejumlah langkah pencegahan impotensi yang bisa dilakukan oleh para pria:

  • Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Sehari-hari

“Apa yang Anda makan bisa berpengaruh pada kesehatan Anda” Hal ini memang benar adanya. Penelitian menunjukkan bahwa makanan berlemak atau yang mengandung kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah dan juga impotensi. Sebaiknya, perbanyak konsumsi buah dan sayur sembari menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, protein hewani, garam, dan gula.

  • Jaga Berat Badan Agar Tidak Obesitas

Menjaga berat badan tetap ideal sangat penting untuk kebugaran pembuluh darah dan jantung dan kesehatan reproduksi pria. Penis adalah organ yang dipenuhi dengan pembuluh darah, sehingga aliran darah harus lancar agar organ vital ini bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung yang berpengaruh pada kesehatan semua pembuluh darah di dalam tubuh. Selain itu, obesitas dapat meningkatkan risiko diabetes yang pada akhirnya penyakit ini dapat mengakibatkan kerusakan saraf pada penis.

  • Olahraga Secara Teratur

Tidak memiliki badan gemuk bukan berarti Anda tidak perlu berolahraga. Salah satu terapi mencegah impotensi yang paling murah dan sederhana adalah dengan olahraga secara teratur. Beberapa studi menunjukkan bahwa pria yang rutin berolahraga memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami impotensi. Olahraga dapat berkontribusi pada kehidupan seks Anda karena kegiatan sehat ini mempengaruhi kesehatan tubuh terutama kesehatan pembuluh darah dan jantung secara khusus, tingkat libido dan suasana hati Anda.

  • Belajar Mengelola Stres

Stres memang tidak bisa dihindari, tapi bukan berarti tidak bisa ditangani. Stres dapat menjadi faktor penyebab impotensi. Untuk mencegah impotensi dini, sebaiknya Anda mulai belajar mengelola stres. Jika stres datang, cobalah untuk refreshing agar hati dan pikiran menjadi lebih segar.

  • Kurangi Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Minuman Beralkohol

Merokok dapat menyebabkan kerusakan di pembuluh darah dan membatasi aliran darah ke penis. Kandungan nikotin juga disinyalir dapat merusak aliran darah ke penis. Sementara itu, kebiasaan konsumsi minuman beralkohol berlebihan dapat menyebabkan kerusakan saraf dan mengganggu keseimbangan hormon seks pria. Ada baiknya jika Anda mengurangi atau menghentikan dua kebiasaan ini untuk menghindari risiko impotensi.

Untuk mencegah impotensi pria tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan menghentikan kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan. Mencegah tentu saja lebih baik dari mengobati.