Ikuti 5 Tips Ini Supaya Liburan Anda dan Pasangan Lebih Berkesan

Tips Cinta

Tiket pesawat? Cek! Booking Hotel? Cek! Rencana perjalanan? Hmm.. Sudah sih, tapi bagaimana caranya untuk menjamin liburan seru? Apabila Anda akan pergi liburan berdua pasangan, simak tips liburan berkesan ini!

KETIKA Anda berlibur bersama pasangan ke tempat eksotis (atau bahkan ke Eropa?), tentu Anda ingin bersantai bersama pasangan. Anda ingin melupakan segala hiruk pikuk kehidupan, juga pusingnya pekerjaan Anda. Namun, kami berani jamin kalau liburan Anda dengan pasangan akan jauh lebih baik jika Anda melakukan usaha lebih pada persiapannya, bahkan selama liburan.

Jika Anda berlibur dengan cerdas dan tidak sekedar bermalas-malasan di penginapan bersama Si Dia sepanjang liburan, setelah liburan Anda akan kembali pada kegiatan sehari-hari Anda dengan tingkat stres yang jauh menurun.

Terapis pasangan Marissa Nelson, menyarankan kliennya untuk berlibur dengan syarat-syarat tertentu agar liburan menjadi efektif. Banyak kliennya yang berlibur untuk memperbaiki masalah dalam hubungan mereka ke daerah yang memiliki suasana baru, jauh dari suasana yang biasa dihadapi sehari-hari. Nelson pun menawarkan sesi terapi dan latihan penyembuhan berlatar belakang pantai dan resor yang indah di Barbados.

Bukan berarti Anda harus pergi berlibur ke Barbados, namun ada beberapa kiat yang diberikan Nelson dari pengalamannya yang bisa Anda gunakan untuk tips liburan berkesan bersama pasangan!

Hindari Teknologi

Masa liburan adalah masa dimana notifikasi handphone Anda tidak akan dipenuhi oleh tuntutan-tuntutan pekerjaan. Manfaatkanlah waktu luang ini dengan sebisa mungkin mengurangi penggunaan telepon genggam Anda. Pasang auto reply pada e-mail Anda dan jika Anda harus menggunakan internet, batasi hingga maksimal satu jam sehari selama berlibur.

“Luangkan waktu untuk mengeksplorasi dan saling hadir untuk satu sama lain,” ujar Nelson. “Luangkan waktu untuk deep sharing tentang masa depan Anda bersama, apa yang ingin Anda capai secara pribadi dan pasangan.”

Tetapkan Ekspektasi

Walaupun idealnya liburan berdua pasangan dapat mendekatkan hubungan Anda, liburan juga bisa menimbulkan perkelahian. Penyebab utama perkelahian yang timbul kala liburan adalah kurangnya kejelasan mengenai perbedaan harapan pasangan soal bagaimana menghabiskan waktu mereka. Misalnya, Anda ingin menghabiskan waktu liburannya dengan snorkeling, menari, dan berbelanja, sedangkan pasangan ingin bersantai dan melakukan hal-hal secara spontan.

Pasangan seperti itu tidak berkomunikasi mengenai apa yang ingin mereka lakukan masing-masing, sehingga timbullah perdebatan. Cari tahu apa yang ingin Anda dan pasangan lakukan sebelum perjalanan selesai, dan pastikan Anda berdua mendapatkan apa yang diinginkan.

“Jadwalkan satu atau dua hari dalam perjalanan untuk melakukan perawatan diri seperti menjadwalkan pemijatan dan hari malas dimana Anda berada seharian di tempat tidur, bercinta, atau berjemur di tepi kolam renang,” kata Nelson.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Setiap Hari Agar Pernikahan Tetap Langgeng

Bumbui Hubungan Seks Anda

Apabila salah satu tujuan berlibur Anda adalah untuk membangkitkan kembali kehidupan seks Anda, rencanakan terlebih dahulu bagaimana Anda akan melakukannya. Bawalah sex toys, minyak pijat, atau lilin-lilin kecil untuk di kamar Anda. Menginaplah di penginapan dengan tidur mewah atau bak mandi. Jika Anda dan pasangan belum banyak berpengalaman dalam seks, mulailah dengan bergandengan tangan dan berciuman.

“Begitu rasa nyaman dan intim hadir tanpa paksaan, terciptalah jalan menuju percintaan dan hubungan yang penuh gairah,” jelas Nelson, “Jika Anda ingin membuat kehidupan seks Anda semakin panas, bereksperimenlah beberapa posisi baru yang ingin Anda coba saat berlibur.”

Jika Anda Bertengkar, Lakukanlah dengan Kepala Dingin

Ketika Anda mencurahkan perasaan Anda pada pasangan mengenai masalah-masalah dalam hubungan yang sedang Anda Alami, Anda dan pasangan bisa bertengkar. Pertengkaran ini tidak perlu dihindari, namun putuskanlah terlebih dahulu bagaimana Anda akan melakuknnya.

Nelson merekomendasikan peraturan dasar berikut ini: “Jelaskan perspektif Anda tentang situasi yang Anda fokuskan tanpa menyalahkan, mempermalukan, atau menghina pasangan Anda. Jangan menyerah dan pergi begitu saja saat Anda tidak menemui apa yang Anda inginkan. Gunakan kata-kata Anda sendiri untuk menyampaikan perasaan Anda. Jangan potong pembicaraan pasangan Anda bila mereka memiliki pandangan yang berbeda dengan Anda. ”

Dengan kata lain, hormatilah usaha jujur pasangan dan cobalah melihat masalah dari perspektifnya. Tantang diri Anda untuk bisa memahami pasangan, bahkan jika pasangan Anda memegang pandangan yang bertolak belakang dengan Anda.

Bersantailah

Menjaga hubungan yang sehat memang membutuhkan kerja keras, tapi selain itu juga butuh aura positif. Jadi gunakan liburan Anda untuk bersantai dan memanjakan diri, alih-alih memikirkan tentang perasaan Anda sepanjang waktu. “Banyaklah tertawa, menjelajah, dan biarkan liburan meringankan perasaan Anda,” ujar Nelson.

“Makanlah makanan yang enak dan minumlah minuman yang lezat. Kunci dari cinta dan membangun keintiman adalah saling menciptakan pengalaman bersama yang tak terlupakan, jadi manfaatkanlah sebaik mungkin waktu bersama pasangan dengan mengingat apa yang menyatukan Anda berdua.”

 

Berikan usaha ekstra dalam perencanaan liburan Anda bersama pasangan yang berharga, karena sesudahnya, kehidupan sehari-hari Anda akan menjadi lebih ringan dan santai. Selain berpotensi menyelesaikan masalah dengan pasangan, liburan bersama Si Dia juga akan mengingatkan Anda akan betapa berharganya cinta Anda padanya.

Siap menjadi budak skripsi dan lulus pada waktu yang tepat meski memiliki hobi berleha-leha sepanjang hari.