Herpes Genital

Perawatan Herpes Genital

Perawatan herpes genital dilakukan bersamaan dengan mengonsumsi obat dari resep dokter spesialis Anda. Jadi, baik perawatan atau pengobatan tidak berjalan sendiri-sendiri dan menjadi sia-sia.

Untuk perawatan herpes genital, inilah hal-hal yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengurangi rasa sakit atau bahkan menyembuhkan herpes genital.

Jaga Area Luka Tetap Bersih

Perawatan herpes genital paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit menular seksual ini menyebar ialah dengan menjaga lesi luka yang timbul pada kulit kelamin Anda tetap bersih. Bersihkan selalu area yang terkena luka dan lecet akibat herpes genital menggunakan air tawar atau bahkan air garam. Hal ini akan membuat proses penyembuhan luka berjalan lebih cepat.

Kompres Luka dengan Es

Anda juga dapat mengompres luka dengan sebongkah es yang telah dibungkus handuk atau kain. Ini berfungsi mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Jangan tempelkan es langsung ke bagian kulit yang luka.

Minum Banyak Air Putih

Minum banyak air putih agar air seni Anda tidak pekat. Ini akan mengurangi rasa sakit ketika buang air kecil. Atau untuk mengurangi rasa sakit saat buang air kecil Anda dapat membarenginya dengan guyuran air di area kelamin. Hindari pula pemakaian celana ketat agar luka tak teriritasi dan menjadi semakin parah sehingga beresiko terjadinya infeksi sekunder pada luka.

Cegah Iritasi Semakin Parah

Perawatan lainnya yang dapat Anda lakukan adalah menghindari panas yang berlebihan dan cahaya matahari kuat yang dapat membuat iritasi kulit semakin menjadi. Hentikan pemakaian sabun berparfum, sabun antibakterial, ataupun cairan antiseptik pembersih vagina.

Antiseptik yang terlalu kuat dan sering digunakan dapat membunuh flora normal kulit, yaitu bakteri baik yang melindungi kulit dan daerah genital Anda. Selalu gunakan pakaian yang longgar dan nyaman berbahan katun untuk mencegah Anda berkeringat berlebihan. Untuk rasa nyeri akibat luka lecet yang terjadi, Anda dapat meminta dokter memberikan obat antinyeri.