Herpes Genital

Penyebab Herpes Genital

Seperti yang telah disebutkan, penyebab infeksi herpes genital disebabkan oleh virus HSV, baik virus HSV tipe 1 maupun tipe 2. Penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit menular seksual karena dapat menular lewat hubungan seks ataupun kontak fisik lainnya dari seseorang ke orang lain.

Gejala akibat infeksi virus HSV-1 dan HSV-2 memiliki gambaran yang serupa. Kedua jenis virus herpes tersebut dspat menyebabkan penyakit herpes genital.

  • HSV-1. Virus jenis ini biasanya menyebabkan cold sore (luka lecet tanpa demam) atau luka melepuh yang disertai demam di sekitar mulut dan dapat menyebar di area sekitar genital ketika melakukan seks oral. Angka kekambuhan infeksi akibat HSV-1 lebih rendah daripada akibat HSV-2.
  • HSV-2. Jenis ini lebih sering menyebabkan herpes genital. Virus menyebar melalui kontak seksual dan kontak kulit langsung. Virus HSV-2 sangat menular, baik dari penderita yang memiliki luka terbuka atau tidak.

Kedua virus tersebut cepat mati ketika berada di luar tubuh. Oleh karena itu, sangat kecil kemungkinannya Anda dapat tertular infeksi herpes melalu kontak dari toilet, handuk, atau barang lainnya yang pernah digunakan oleh penderita.

Virus dapat berpindah lewat luka yang lembap dan basah, baik luka di alat kelamin maupun luka di mulut. Salah satu gejala penyakit herpes genital adalah cold sore ‘luka di mulut’. Bila Anda melakukan oral seks dengan penderita yang sedang menderita cold sore Anda juga dapat tertular penyakit herpes genital, meskipun kasus ini  jarang ditemukan.

Walaupun siapa saja dapat menularkan infeksi virus herpes genital, tetapi hasil penelitian menunjukkan penularan dari pria yang terinfeksi kepada wanita lebih sering terjadi daripada penularan dari wanita kepada pria.

Salah satu penyebab herpes genital bukanlah karena menggunakan benda yang sama dengan penderita herpes genital, seperti sisir atau handuk. Hal ini karena virus HSV mudah sekali mati saat terpisah dari kulit. Namun Anda bisa terpapar virus HSV bila menggunakan alat bantu seks yang sama dengan penderita herpes genital.