Herpes Genital

Pengobatan Herpes Genital

Pengobatan herpes genital bergantung pada riwayat penyakit Anda sebelumnya. Bila herpes genital baru pertama kali terjadi pada Anda, dokter biasanya akan meresepkan obat antivirus seperti aciclovir, famciclovir, atau valaciclovir.

Jenis obat-obatan tersebut biasanya dianjurkan untuk diminum lima kali sehari selama satu seri pengobatan yang ditentukan oleh dokter Anda berdasarkan derajat infeksi dan luas lesi luka yang muncul.

Aciclovir bekerja dengan cara mencegah virus HSV berkembang biak. Namun, obat ini tak menjamin virus akan enyah dari tubuh Anda begitu saja. Obat anti virus hanya mencegah luka bertumbuh semakin banyak di kulit Anda.

Obat anti virus mesti diminum paling tidak selama lima hari atau lebih tergantung pada kondisi luka di tubuh. Dalam konsumsi jangka panjang, Obat anti virus memiliki efek samping seperti timbulnya sakit kepala, mual, muntah, diare, pusing berputar, nyeri pada otot dan sendi, juga penurunan tajam penglihatan.

Bila gejala herpes genital terus terjadi selama enam kali dalam setahun, dokter akan memberikan pengobatan herpes genital episodik. Setiap kali Anda merasakan gatal dan gejala herpes genital lainnya, dokter akan meresepkan obat anti virus yang perlu diminum lima kali dalam sehari sepanjang lima hari.

Jika Anda mengalami herpes genital yang kambuh lebih dari enam kali selama setahun, Anda mungkin akan diberikan pengobatan supresif. Jenis pengobatan ini memungkinkan Anda mengonsumsi obat anti virus setiap hari sebagai pengobatan jangka panjang.

Setidaknya, Anda akan diminta untuk mengonsumsi obat anti virus sebanyak dua kali dalam sehari selama enam hingga 12 bulan. Untuk mencegah penyakit menular seksual ini tertransmisi ke pasangan Anda, Anda akan membutuhkan saran tambahan dari spesialis. Sebab obat anti virus saja kurang mampu untuk mengobati sekaligus mencegah penularan infeksi herpes.