Herpes Genital

Pengertian Herpes Genital

Herpes genital merupakan penyakit menular seksual yang sering ditemukan.  Definisi dari penyakit herpes genital merujuk pada penyakit kelamin yang disebabkan oleh penularan infeksi herpes simplex virus (HSV).

Penyakit herpes genital juga termasuk kedalam kelompok penyakit menular seksual karena penyakit ini memang dapat ditularkan lewat hubungan seks yang tidak aman dan berisiko tinggi.

Gejala Herpes Genital

Herpes genital menginfeksi area genital dan menyebabkan luka lecet yang menyakitkan di alat kelamin dan area sekitarnya. Luka lecet yang timbul berupa benjolan melepuh atau luka lecet terbuka pada ekitar genital penderita, baik pria maupun wanita. Penyakit ini juga dapat menimbulkan gambaran gejala pada membran selaput lendir lainnya seperti contoh di area mulut.

Penyakit herpes genital sangatlah mudah menular dari penderita kepada pasangan seksualnya jika hubungan seks dilakukan tanpa pengaman.

Herpes genital adalah penyakit jangka panjang. Disebut demikian karena virus HSV biasanya bertahan lama dalam tubuh. Virus yang menginvasi tubuh akan terus menetap dalam tubuh penderita dan suatu waktu dapat menimbulkan kekambuhan kembali.

Menurut hasil penelitian, rata-rata penyakit herpes genital akan kambuh sebanyak empat hingga lima kali dalam dua tahun pertama terinfeksi. Namun tingkat keparahan penyakit herpes genital akan berkurang seiring dengan waktu dan teknik pengobatan yang tepat. Pengobatan yang tepat dapat mencegah terjadinya penularan, meminimalisir gejala yang timbul, dan mengurangi angka kejadian kekambuhan berikutnya.

Jenis Virus HSV

Terdapat dua jenis virus HSV, yakni HSV 1 dan HSV 2. Keduanya sangat mudah ditularkan, salah satunya lewat hubungan seks, baik seks melalui anal maupun vagina.

Setidaknya, 8 dari 10 orang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi HSV. Gejala biasanya baru timbul sekitar tiga hingga tujuh hari setelah infeksi terjadi. Barulah setelah dipicu kondisi tertentu, penderita menyadari bahwa ia terjangkit virus HSV yang kemudian menciptakan luka dan lecet di sekitar kelamin.

Siapapun dapat terkena herpes genital terutama orang-orang yang berada di usia 20 hingga 24 tahun atau pada masa usia aktif berhubungan seksual.