Guys, Tingkatkan Kesuburan dengan 10 Makanan Ini

Banyak hal yang memengaruhi masa subur pria, salah satunya melalui makanan yang dikonsumsi. Bagi Anda yang sedang merencanakan program kehamilan bersama pasangan, cobalah untuk mengonsumsi bahan makanan penyubur sperma agar nantinya sperma yang Anda hasilkan berkualitas baik dan dapat segera membuahi sel telur.

makanan peningkat kesuburan pria

MASA subur pria dan wanita jelas berbeda. Wanita dapat mengetahui masa suburnya dengan mudah dengan alat tes kesuburan. Namun, berbeda dengan pria yang cukup sulit untuk mengetahui masa suburnya.

Dapat dikatakan, selama pria dapat menghasilkan sperma dengan jumlah yang cukup dan kualitas yang baik, itu berarti si pria berada di masa subur. Namun, jika Anda merasa kuantitas sperma kurang dari cukup, Anda patut memeriksa kualitas sperma yang Anda hasilkan.

Barangkali, Anda membutuhkan bantuan untuk meningkatkan kesuburan. Patut Anda ingat bahwa kuantitas tidak menjamin kualitas yang ada sudah pasti baik.

Begitu juga dengan jumlah sperma yang Anda hasilkan, belum tentu menunjukkan kesuburan atau tidak. Penelitian pun mengungkapkan bahwa pria dengan jumlah sperma yang relatif rendah masih dapat memiliki kualitas sperma yang baik dan sehat.

Seorang ahli gizi Amerika Serikat, Isabelle Obert, mengungkapkan kualitas sperma pria dapat menjadi tidak subur karena adanya pengaruh radikal bebas atau stres oksidatif.

Stres oksidatif ini dapat muncul dari konsumsi makanan yang tidak sehat, merokok, atau penggunaan bahan kimia yang berlebihan masuk ke dalam tubuh. Molekul yang tidak sehat masuk ke dalam tubuh dan mempengaruhi kerusakan sel dan menurunkan kualitas sperma.

Untuk itu, penting bagi para pria untuk memerhatikan kesuburannya. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sperma adalah dengan mengonsumsi makanan peningkat kesuburan pria yang tinggi antioksidan. Berikut makanan-makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pria.

Tomat

Tomat merupakan salah satu sumber makanan penyubur yang mengandung antioksidan lycopene. Sudah banyak penelitian membuktikan lycopene dapat membantu meningkatkan kesuburan pria secara signifikan.

Lycopene dalam tomat mampu meningkatkan kualitas sperma untuk bergerak dan membentuk struktur sperma yang baik. Lycopene lebih banyak tersedia pada tomat yang dimasak. Anda bisa mengonsumsi tomat dalam bentuk sup tomat kental dan tambahkan minyak zaitun untuk membantu penyerapan antioksidan.

Kacang kenari

Kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3. Menurut penelitian dari Society for the Study of Reproduction, mengonsumsi 75 gram kacang kenari setiap hari dapat meningkatkan pergerakan sperma dan jumlah sperma yang cukup untuk membuahi sel telur.

Anda dapat mencampur kacang kenari di salad atau dapat menjadikan kacang kenari sebagai snack di siang hari yang juga berguna mengatur kadar gula dalam darah.

Baca juga: 7 Hal Tentang Kesuburan Pria yang Perlu Anda Tahu

Biji buah labu

Jika Anda mengonsumsi buah labu, jangan buang bijinya. Biji buah labu dapat Anda konsumsi dan dapat menjadi makanan peningkat kesuburan pria. Biji buah labu mengandung zinc yang berperan penting dalam pembentukan sperma yang sehat dan produksi testosteron.

Biji buah labu juga kaya akan mineral dan vitamin penting lainnya. Pilihlah biji labu organik mentah untuk mendapatkan nilai gizi optimal dan taburi di sereal, salad, atau smoothies .

Lentil

Lentil adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat menjadi makanan peningkat kesuburan pria yang kaya akan folat (asam folat alami) yang sama pentingnya dalam kesuburan wanita. Berdasarkan studi tentang kesuburan pria, mereka yang kurang mengonsumsi asupan folat  memiliki tingkat abnormalitas kromosom yang lebih tinggi dalam spermanya.

Lentil juga merupakan sumber protein dan mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Anda dapat membuat hidangan lentil dalam bentuk sup atau campuran salad yang menyehatkan tubuh.

Blueberry

Blueberry adalah sumber antioksidan anti-inflamasi yang sangat baik untuk tubuh. Blueberry juga mengandung quercetin dan resveratrol yang terbukti  dapat membantu dalam menjaga kualitas sperma termasuk motilitas dan struktur sperma yang sehat.

Anda dapat mengonsumsi segenggam blueberry setiap harinya dan juga dapat dicampur dalam smoothie atau ditambah yoghurt Yunani dengan campuran sedikit granola dan beberapa kenari cincang.

Buah delima

Buah delima dikenal sebagai makanan yang mengadung antioksidan yang tinggi dan dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian menunjukkan bahwa buah delima sangat ampuh meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh, meningkatkan kualitas sperma, serta meningkatkan gairah seks dan mood pada pria atau wanita. Dengan minum segelas jus buah delima asli setiap harinya, Anda bisa meningkatkan kesuburan secara alami.

Dark chocolate

Siapa yang tidak suka dengan dark chocolate? Dark chocolate tidak hanya lezat di lidah tetapi juga kaya akan asam amino L-arginine yang dapat meningkatkan volume ejakulasi dan memperbaiki jumlah sperma dan motilitas. Cobalah mengonsumsi dark chocolate 85 % dan nikmati rasa aslinya.

Buah alpukat

Makanan peningkat kesuburan pria lainnya adalah buah alpukat. Buah alpukat kaya akan vitamin E, vitamin B6, dan folat yang membantu memperkuat sperma dan meningkatkan pergerakan sperma untuk membuahi sel telur.

Asparagus

Sayur asparagus menjadi salah satu makanan penyubur yang baik untuk kesehatan. Sayur ini mengandung vitamin C, asam folat, dan antioksidan yang dapat menjaga kesuburan pria.

Baca juga: Tinggalkan 8 Kebiasaan Ini Agar Kesuburan Anda Meningkat

Air

Mengonsumsi air secukupnya sangat bermanfaat bagi tubuh. Air mineral menjadi cara paling mudah meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. Dengan mengonsumsi air secukupnya, maka dapat membantu meningkatkan ejakulasi dan produksi cairan sperma. Pastikan tubuh Anda tidak dehidrasi dan mendapatkan asupan air mineral yang cukup.

Untuk meningkatkan kesuburan di masa subur pria, sebaiknya gunakan cara alami dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan mulailah mengikuti gaya hidup sehat. Tidak hanya 10 makanan di atas yang dapat membantu meningkatkan kesuburan pria, tetapi dengan mengurangi konsumsi kafein dan alkohol juga akan memberikan hasil yang menakjubkan. Mulailah dari sekarang!

An owl who likes coffee, movies and humanity.

%d bloggers like this: