Gonore

Perawatan Gonore

Penanganan gonore yang utama adalah dengan metode pengobatan medis. Satu-satunya cara untuk mengatasi infeksi gonore dan mencegah terjadinya komplikasi yang lebih buruk adalah dengan segera melakukan deteksi dini ketika gejala dan/atau faktor risiko infeksi gonore timbul, baik pada diri Anda maupun pasangan. Salah satu cara efektif lainnya adalah dengan cara melakukan langkah-langkah pencegahan terjadinya infeksi menular seksual gonore.

Perawatan gonore pada orang dewasa

Orang dewasa yang mengidap penyakit menular seksual gonore dapat diobati hanya dengan pemberian antibiotik oleh dokter yang memeriksanya. Bakteri gonore memiliki sifat mudah resisten (kebal) pada antibiotik jenis tertentu sehingga direkomendasikan oleh CDC (Center for Disease Control and Prevention) untuk memberikan antibiotik suntik dengan kombinasi antibiotik oral selama beberapa hari.

Perawatan gonore pada pasangan pengidap gonore

Pasangan pengidap gonore wajib menjalani tes dan melakukan perawatan, meskipun jika dirinya tidak menunjukkan gejala sama sekali. Perawatan pasangan pengidap gonore penting agar tidak saling menginfeksi satu sama lain di kemudian hari.

Walaupun pasangan Anda tidak menunjukkan gejala infeksi (terutama pada wanita yang gejalanya sering muncul terlambat), dokter tetap menyarankan untuk dilakukan skrining pemeriksaan. Selanjutnya, pemberian seri antibiotik profilaksis pencegahan diberikan untuk mencegah terjadinya infeksi silang antara Anda dan pasangan di kemudian hari.

Perawatan gonore pada bayi baru lahir

Bayi yang baru lahir dari ibu yang terinfeksi gonore akan langsung diberikan terapi antibiotik profilaksis pencegahan untuk menghindari terjadinya komplikasi yang dapat membahayakan.

Pemberian antibiotik pencegahan dalam dosis yang tepat tidak akan membahayakan bayi yang baru lahir. Pemberian obat mata  antiseptik ketika baru dilahirkan penting dilakukan untuk mencegah infeksi. Jika infeksi mata pada bayi sudah terlanjur berkembang, maka akan diobati dengan pemberian antibiotik melalui infus.