Gonore

Pengobatan Gonore

Pengobatan gonore penting untuk segera dilakukan setelah ditemukan kriteria diagnosa pasti atau ada gejala yang mendukungnya. Pengobatan gonore bisa cukup dengan mengunjungi dokter umum, namun jika gonore sudah mengalami komplikasi pada organ lain atau berulang dan tidak ditemukan tanda kesembuhan, pasien akan dirujuk ke dokter spesialis.

Pengobatan gonore pada puluhan tahun sebelumnya bisa sembuh dengan mudah hanya dengan antibiotik tunggal golongan penicillin. Akan tetapi, bakteri gonore saat ini semakin kuat, sehingga penyakit infeksi gonore mengalami resistensi obat terhadap beberapa jenis antibiotik, terutama golongan penicillin.

Meskipun begitu, penyakit menular seksual ini masih bisa disembuhkan dengan pemberian kombinasi antibiotik suntik secara intramuskuler (disuntik pada otot penderita) dan antibotik oral (minum). Pengobatan antibiotik alternatif yang bisa digunakan untuk infeksi gonore pada serviks, uretra, dan dubur bisa dengan golongan spectinomycin atau sefalosporin. Perlu diketahui bahwa obat-obatan yang disebutkan tidak untuk ibu hamil.

Obat yang diresepkan untuk mengobati infeksi gonore biasanya akan ditambahkan dosisnya dengan yang lebih kuat jika infeksi terjadi berulang atau jika pasien memiliki riwayat terkena gejala gonore sebelumnya, baik yang pernah diobati maupun belum diobati.

Pengobatan gonore akan dilakukan apabila:

  • Hasil pemeriksaan menunjukkan Anda terdiagnosa pasti infeksi gonore
  • Hasil pemeriksaan fisik gejala menunjukkan gambaran khas gonore, walaupun hasil pemeriksaan belum ada
  • Pasangan anda terkena infeksi gonore

Pengobatan gonore menjadi rumit dikarenakan bakteri penyebab gonore mudah menjadi resisten (kebal) terhadap jenis antibiotik tertentu. Penyakit gonore dapat disembuhkan dan tidak akan kambuh apabila terapi yang tepat telah diberikan. Namun tidak menutup kemungkinan, penderita dapat terinfeksi lagi apabila melakukan hubungan seksual yang berisiko tinggi atau pasangan penderita tidak ikut diobati.

Infeksi berikutnya dari gonore membutuhkan kombinasi antibiotik dengan dosis yang lebih tinggi atau golongan antibiotik yang lebih kuat, sehingga membuat pengobatan menjadi lebih rumit dan membutuhkan biaya yang lebih mahal. Gonore yang tidak diobati akan memberikan efek merugikan pada pria maupun wanita.