Frustrasi Karena Rasa Cemburu? Ini Cara Mengatasinya

Rasa cemas karena takut pasangan tak berkomitmen dapat menuntun pada rasa cemburu. Bila tak diatasi dan dibicarakan, rasa cemburu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, mulai dari makan, tidur, hingga bekerja. Cari tahu cara menghilangkan cemburu buta di sini untuk mendapat kehidupan berpasangan yang lebih sehat!

cara mengatasi cemburu berlebihan

MENGETAHUI cara mengatasi cemburu berlebihan penting untuk dimiliki setiap pasangan. Terutama bila dalam hubungan tersebut ada yang merasa bahwa pasangannya tidak sama kuat berkomitmen seperti dirinya.

Mungkin Anda atau pasangan tidak secara gamblang menyatakan rasa cemburu ini karena takut menyakiti hati satu sama lain. Namun, rasa cemburu yang disimpan sendiri justru adalah jenis cemburu yang berbahaya. Semakin disimpan, rasa cemburu akan mengganggu kehidupan pribadi Anda. Pola makan, tidur, bahkan pekerjaan Anda akan terganggu.

Rasa cemburu bisa saja terjadi karena pengalaman buruk masa kecil. Kurangnya kasih sayang dan perhatian semasa kecil seringkali membuat seseorang mempertanyakan kepantasannya. Apakah ia cukup baik? Atau apakah ia pantas disayang? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini dapat menimbulkan insekuritas yang kemudian berefek pada hubungan percintaan semasa dewasa.

Yang kedua, rasa cemburu juga dapat datang dari buruknya komunikasi antara Anda dan pasangan. Di awal hubungan, Anda dan pasangan belum cukup mendefinisikan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada kawan berbeda jenis saat kalian masih membina hubungan. Akibatnya, miskomunikasi sering terjadi. Anda pun merasa cemburu padahal pasangan tidak berniat menyakiti Anda.

Sebenarnya alami jika Anda merasa cemburu saat ada orang lain yang terlihat dekat dengan pasangan Anda. Namun, jika ini bertahan lama, akan jadi bumerang bagi Anda. Bahkan, ketika Anda sebenarnya tidak mau merasakan kecemburuan ini, Anda dapat terjebak di dalamnya dan terus-terusan penasaran soal siapa yang di-SMS atau ditelepon pasangan Anda. Untuk menghindari hal ini, simak cara mengatasi cemburu berlebihan di bawah ini.

Cari Aktivitas Lain

Cemburu dapat disebabkan oleh kelebihan energi dalam tubuh. Kelebihan energi yang tidak disalurkan ini dapat muncul ke dalam bentuk emosi negatif. Menghilangkan cemburu buta dapat dilakukan dengan mengalihkan emosi negatif ke aktivitas lain yang lebih positif, misalnya olahraga atau meditasi. Dengan demikian, Anda pun tak akan lagi punya waktu untuk memikirkan hal-hal buruk.

Baca juga: 5 Cara Melupakan Rasa Kesal Anda dengan Si Dia

Beranikan Diri untuk Berbicara

Menghilangkan cemburu buta juga dapat dilakukan dengan berbicara kepada pasangan. Tidak enak memang menghadapi konfrontasi. Namun, semakin lama Anda menahan perasaan Anda, semakin tidak sehat pula mental Anda. Parahnya lagi, rasa cemburu yang ditahan dapat meledak kapan saja dan biasanya akan berefek lebih parah. Jadi, tenangkan dulu diri Anda dan pikirkan strategi untuk berbicara dengan pasangan Anda secara baik-baik.

Katakan Apa yang Anda Inginkan

Jangan ragu untuk mengatakan apa yang sebenarnya Anda inginkan kepada pasangan Anda. Bila Anda merasa teman pasangan Anda sangat mengganggu bagi hubungan kalian dan berpotensi merusak, sampaikanlah. Bila pasangan Anda tak mau memedulikan pendapat Anda, mungkin ini saatnya bagi Anda untuk memikirkan apakah hubungan kalian berdua layak untuk diteruskan? Dalam sebuah hubungan, dua-duanya harus merasa nyaman, bukan?

Menahan Diri

Membuka akun pribadi atau ponsel pasangan Anda tanpa seizinnya adalah hal buruk untuk dilakukan. Meski niatnya baik, perilaku ini seringnya memunculkan konsekuensi buruk daripada konsekuensi baik. Jadi, tahan diri Anda. Lebih baik katakan yang sebenarnya pada pasangan Anda jika Anda merasa terganggu terhadap suatu hal.

Baca juga: Masih Stalking Mantan di Sosmed? Ternyata Ini Alasannya

Fokus pada Bagian Lain Hidup Anda

Cara mengatasi cemburu berlebihan lainnya adalah dengan meyakini bahwa hidup Anda bukan hanya soal pasangan Anda. Anda memiliki teman, karier, dan pekerjaan yang dapat Anda fokuskan. Jadi, cari kesuksesan dalam karier sehingga rasa percaya diri muncul dengan sendirinya. Ketika Anda percaya diri, tidak akan ada lagi tuh insekuritas pada pasangan Anda.

a passionate writer