Ejakulasi Lambat

Pengobatan Ejakulasi Lambat

Obat ejakulasi lambat bisa bermacam-macam tergantung dari penyebabnya. Ada kalanya Anda hanya perlu mengonsumsi obat ejakulasi lambat tertentu, atau mengubah jenis obat maupun suplemen yang biasa dikonsumsi.

Saat diwajibkan mengonsumsi obat ejakulasi lambat dalam dosis tertentu, jangan pernah mengubah sendiri aturan minum atau jenis obatnya karena bisa menimbulkan masalah baru akibat dari efek samping atau reaksi terbalik dari obat tersebut. Kalau ada obat tertentu yang menimbulkan efek samping, segera konsultasikan hal itu ke dokter.

Biasanya dokter akan menggunakan beberapa jenis obat di bawah ini untuk mengatasi ejakulasi lambat:

  • Amantadine (yang biasanya diberikan kepada pasien Parkinson)
  • Buspirone (untuk mengatasi stres atau gelisah yang dirasakan)
  • Cyproheptadine (berhubungan dengan alergi)

Terapi terkini yang sering dianjurkan meliputi terapi stimulasi buatan melalui masturbasi untuk meningkatkan titik rangsangan seksual pria. Terapi ini akan sangat berguna bila juga dilakukan bersama dengan partner seksual Anda, untuk itu perlu dilakukan komunikasi dengan istri dalam mengatasi masalah gangguan ejakulasi ini.

Bila penyebab dari gangguan ejakulasi lambat adalah penyalahgunaan alkohol dan narkoba, mungkin perlu dipikirkan intervensi lebih lanjut dalam mengatasi dampak zat adiktif ini terhadap kesehatan Anda. Pikirkan untuk dilakukan medikasi dan rehabilitasi yang sesuai dengan kondisi Anda.

Guna mengatasi ejakulasi lambat, Anda mungkin juga perlu berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater, apalagi kalau kondisi ini sudah memengaruhi emosional Anda atau pasangan. Psikiater dapat membantu Anda untuk mengatasi stres atau kecemasan yang dirasakan terkait ejakulasi lambat.

Konseling mungkin perlu dilakukan oleh Anda sendiri, atau bersama dengan pasangan. Baik Anda maupun pasangan tak perlu malu melakukannya karena yang terpenting adalah bagaimana mencari solusi agar ejakulasi lambat tak sampai berdampak buruk pada keharmonisan rumah tangga.