Ejakulasi Lambat

Pengertian Ejakulasi Lambat

Ejakulasi lambat adalah suatu kondisi dimana butuh waktu lebih lama bagi seorang pria untuk mencapai klimaks dan mengeluarkan sperma (ejakulasi). Dalam beberapa kasus, pria yang mengalami ejakulasi lambat atau ejakulasi melemah, seringkali mendapati dirinya sama sekali tidak bisa ejakulasi saat berhubungan. Kasus ejakulasi lambat jarang terjadi, kurang lebih 3% tapi merupakan masalah yang sering disalahartikan.

Gejala Ejakulasi Lambat

Ejakulasi adalah peristiwa keluarnya air mani dari sperma yang terdiri dari sel sperma dan cairan semen, lalu disertai dengan orgasme. Pengertian ejakulasi lambat biasanya berlaku ketika seorang pria butuh waktu lebih dari 30-60 menit untuk mencapai klimaks dan melakukan ejakulasi. Ejakulasi lambat baru jadi masalah jika hal ini terus berlangsung atau berulang-ulang, sehingga menyebabkan Anda atau pasangan merasakan stres.

Penyebab Ejakulasi Lambat

Penyebab ejakulasi lambat bisa bermacam-macam, mulai dari faktor organik seperti umur yang semakin menua dan gangguan fisik, masalah emosional, hingga efek samping konsumsi obat-obatan. Guna mengetahui penyebab pasti gangguan ejakulasi lambat, mengapa seorang pria sulit atau bahkan sama sekali tidak bisa ejakulasi saat berhubungan, maka harus dilakukan pemeriksaan secara mendetail.

Pencegahan Ejakulasi Lambat

Setelah mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa melakukan beberapa upaya pencegahan agar ejakulasi lambat tidak terjadi lagi. Memiliki perilaku yang berwawasan sehat mengenai seksualitas dan genital  akan sangat membantu dalam mencegah gangguan ejakulasi lambat. Semakin keras Anda mencoba untuk mendapatkan respon seksual tertentu dari diri sendiri dan dari pasangan Anda, maka respon yang diharapkan akan semakin sulit tercapai.

Apabila dari hasil observasi didapatkan alkohol merupakan penyebabnya, maka minimalisir atau menghentikan konsumsinya sementara waktu hingga masalah ejakulasi terselesaikan. Bila efek samping obat tertentu adalah pemicunya, maka hentikan konsumsinya dan segera minta pilihan obat lainnya pada dokter.

Diagnosis Ejakulasi Lambat

Agar diagnosanya akurat, maka biasanya dokter akan melakukan serangkaian tes seperti:

  • Pemeriksaan fisik, meliputi pemeriksaan fisik umum, anatomi dari genital dan saluran kemih, dan pemeriksaan neurologis.
  • Pemeriksaan psikologis yang berhubungan dengan seksualitas.
  • Tes darah
  • Tes urin

Komplikasi Ejakulasi Lambat

Komplikasi ejakulasi lambat dapat melibatkan beberapa hal berikut:

  • Berkurangnya kesenangan seksual yang dirasakan pria atau pasangannya
  • Stres tentang performa seksual
  • Masalah dalam pernikahan atau hubungan suami istri
  • Tidak mampu membuat istri hamil
  • Libido rendah
  • Stres dan gangguan cemas

Perawatan Ejakulasi Lambat

Saat menjalani perawatan untuk menyembuhkan ejakulasi lambat, jangan segan untuk menanyakan apa saja yang ingin Anda ketahui terkait masalah ini. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk menemui spesialis urologi, endokrinologi, maupun psikiater.

Pengobatan Ejakulasi Lambat

Guna mengatasi ejakulasi lambat, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu, apalagi kalau munculnya gangguan tersebut dikarenakan masalah fisik atau kesehatan. Namun ada kalanya dokter juga akan merujuk Anda untuk menemui psikiater atau psikolog guna mendapatkan penanganan lebih lanjut dari segi emosional.