Ejakulasi Dini

Perawatan Ejakulasi Dini

Ejakulasi adalah suatu kondisi yang dapat diatasi dan memiliki kemungkinan sembuh seperti sediakala dengan presentase yang besar. Penatalaksanaan ejakulasi dini dibuat berdasarkan kebutuhan khusus individu yang mengalami masalah dan penyebabnya.

Perawatan ejakulasi dini yang umum diterapkan adalah latihan teknik perilaku dalam mengatasi ejakulasi dini, penggunaan anestesi topikal, obat-obatan oral dan sesi konseling dengan ahli. Perlu diingat bahwa dibutuhkan waktu untuk menemukan jenis perawatan atau kombinasi perawatan yang tepat untuk masing-masing individu.

Walaupun banyak pria yang kadang kala lebih memilih cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat, seringkali teknik latihan pengendalian ejakulasi dini disertai konsumsi obat-obatan adalah cara yang paling efektif dalam perawatan ejakulasi dini. Namun cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat dapat ditempuh asal sesuai dengan aturan tata cara dan harus sesuai dengan arahan ahli atau dokter.

Latihan Otot Dasar Panggul

Otot dasar panggul yang lemah bisa mengurangi kemampuan pria untuk menahan ejakulasi, dengan melakukan latihan otot dasar panggul atau sering dikenal dengan senam kegel bisa membantu menguatkan otot ini. Perhatikan hal-hal berikut ini dalam melakukan latihan dasar otot panggul:

Cara menemukan otot dasar panggul yang benar adalah dengan jalan menahan aliran kencing di saat sedang ingin buang air kecil atau dengan mengencangkan otot yang dipakai ketika akan menahan buang gas. Otot yang dipakai untuk aktivitas tersebut adalah otot dasar panggul, ketika sudah menemukannya senam kegel bisa dilakukan dimana saja namun akan lebih mudah jika dilakukan sembari berbaring.

Kontraksikan otot dasar panggul dan tahan selama 3 detik lalu kendurkan selama 3 detik. Lakukan selama beberapa hitungan dalam satu waktu, ketika otot sudah semakin terasa kuat coba lakukan senam kegel ketika dalam posisi duduk, berdiri dan berjalan.

Pertahankan fokus Anda selama melakukan latihan ini. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari senam kegel, pastikan selalu fokus untuk melatih otot dasar panggul saja. Hindari untuk melenturkan otot perut, paha atau bokong selama melakukan latihan ini. Jangan menahan nafas dan tetap bernafas seperti biasa.

Lakukan lathan ini 3 kali dalam sehari. Lakukan setidaknya 3 repetisi dengan 10 hitungan setiap harinya.

Teknik Pause-Squeeze

Teknik Pause-Squeeze atau teknik menekan. Biasanya dokter akan menyuruh kedua pasangan untuk melakukan teknik ini pada saat hubungan intim dengan cara sebagai berikut:

  • Memulai sesi hubungan intim seperti biasa dan stimulasi penis sampai terasa hampir ingin ejakulasi.
  • Minta pasangan wanita untuk menekan bagian penis yang terletak di bawah bagian kepala penis dan tahan tekanan selama beberapa detik sampai keinginan untuk ejakulasi hilang.
  • Minta pasangan wanita untuk mengulang teknik ini sebanyak yang diperlukan.

Dengan mengulang teknik ini, pria bisa melakukan penetrasi tanpa ejakulasi dini. Setelah beberapa kali melakukan teknik ini dalam sesi bercinta pria mungkin akan merasa sudah bisa menahan ejakulasi dan tidak memerlukan teknik ini lagi.

Jika teknik pause-squeeze terasa sakit atau tidak nyaman, pria bisa mencoba teknik serupa yang disebut teknik stop-start yaitu dengan memulai sesi hubungan intim seperti biasa sampai terasa ingin ejakulasi lalu berhenti hingga rasa ingin ejakulasi hilang lalu mulai lagi dari awal.

Gunakan Kondom

Penggunaan kondom mampu mengurangi tingkat sensitifitas pada penis yang akhrnya dapat membantu menunda ejakulasi. Kondom yang mampu mengontrol klimaks telah diproduksi oleh perusahaan pembuat kondom dengan mengandung bahan pembuat kebal rasa seperti benzocaine atau lidocaine dan dibuat dengan bahan lateks yang lebih tebal sehingga dapat menahan ejakulasi.

Berikut ini beberapa teknik penatalaksanaan yang bisa dilakukan untuk mengatasi ejakulasi dini :

  • Lebih sering melakukan hubungan seksual (atau masturbasi); ejakulasi dini akan lebih mungkin terjadi apalagi ada jarak waktu yang lebih lama diantara melakukan hubungan seksual.
  • Melakukan hubungan seksual dengan posisi wanita di atas dapat mengurangi kemungkinan terjadi ejakulasi dini.
  • Obati terlebih dahulu kondisi disfungsi ereksi dan/atau prostatitis (peradangan prostat) apabila kondisi ini ada pada Anda.