Ejakulasi Dini

Gejala Ejakulasi Dini

Gejala ejakulasi dini yang paling utama adalah ketidakmampuan pria menahan ejakulasinya seperti yang dia dan pasangannya inginkan. Tanda pasti dari ejakulasi dini mencakup ketidakmampuan menahan ejakulasi baik sebelum melakukan penetrasi atau satu menit setelah penetrasi, ketidakmampuan menunda ejakulasi selama penetrasi dan semua gejala tersebut disertai dengan gangguan psikis akibat dari ejakulasi dini tersebut.

Akan tetapi, ejakulasi dini tidak hanya terjadi pada saat melakukan hubungan intim, namun juga pada aktivitas seksual lainnya seperti pada saat melakukan masturbasi.

Gejala sekunder dari ejakulasi dini diantaranya adalah :

  • Hilangnya kepercayaan diri di dalam hubungan yang dijalaninya
  • Gangguan komunikas dengan pasangan
  • Tekanan mental
  • Ansietas
  • Rasa malu
  • Depresi

Terdapat dua jenis ejakulasi dini, yaitu:

  • Primer, ejakulasi dini tipe primer terjadi semasa atau hampir semasa hidup pria dewasa yang timbul semenjak menginjak usia remaja.
  • Sekunder, masalah ejakulasi dini sekunder adalah ketika ejakulasi dini terjadi pada seseorang yang sebelumnya tidak pernah mengalami masalah dan selalu memiliki waktu ejakulasi yang normal.

Banyak pria dewasa yang merasa dirinya mengalami ejakulasi dini tetapi tanda gejala yang timbul tidak sesuai dengan diagnosis dan ciri-ciri ejakulasi dini. Pria dewasa yang merasa dirinya mengalami gejala ejakulasi dini bisa saja sebenarnya hanya mengalami gangguan ejakulasi sementara yang tidak menetap dimana masih dalam batas normal seperti contoh terkadang terlalu cepat ejakulasi tetapi selebihnya ejakulasi dengan waktu biasa.

Kapan Anda harus mengunjungi dokter?

Konsultasikan ke dokter spesialis ketika Anda merasa mengalami tanda-tanda ejakulasi dini seperti tidak mampu menahan ejakulasi sebelum penetrasi atau dalam waktu kurang dari satu menit setelah penetrasi, tidak mampu mengontrol kapan Anda akan ejakulasi, atau mudah mengalami ejakulasi walau hanya dengan rangsangan seksual yang sangat minim. Tanda-tanda ejakulasi dini yang disebutkan tersebut bisa timbul sekaligus atau bisa jadi tidak Anda alami semuanya sekaligus.

Beberapa pria yang mengalami ejakulasi dini mungkin akan merasa malu ketika berkunjung ke dokter karena masalah seksual yang dialaminya. Namun jangan sampai hal tersebut mencegah Anda untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Ejakulasi dini adalah masalah seksual yang umum dapat terjadi kepada siapapun dan adalah suatu kondisi yang dapat diobati.

Berkonsultasi dengan dokter juga bisa mengurangi rasa cemas karena Anda bisa mendapatkan informasi apakah Anda memiliki ciri-ciri ejakulasi dini dan diagnosa yang lebih akurat.