Dysmenorrhoea

Pencegahan Dysmenorrhoea

Sekitar 70% kasus dysmenorrhoea merupakan dysmenorrhoea primer dimana nyeri menstruasi yang timbul merupakan proses fisiologis yang normal. Oleh karena itu, pencegahan dysmenorrhoea tipe ini tidak selalu dapat dilakukan. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah gejala dysmenorrhoea:

  • Olahraga. Studi memaparkan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi rasa nyeri haid. Rutinlah berolahraga bahkan sebelum mendapat siklus menstruasi. Jenis olahraga yang dapat Anda lakukan adalah jogging, berenang, aerobik, hingga yoga.
  • Mengonsumsi suplemen. Beberapa studi juga menyatakan bahwa kandungan vitamin, seperti omega 3, vitamin E, vitamin B1, dan vitamin B6 dapat mengurangi rasa sakit selama masa menstruasi. Dapatkan kandungan vitamin-vitamin ini dari bahan alami maupun suplemen.
  • Hindari alkohol dan tembakau. Kurangi atau sebaiknya jangan mengonsumsi alkohol dan rokok. Berbagai macam kandungan yang terdapat dalam 2 hal ini dapat memperparah dysmenorrhoea.
  • Kurangi stres. Cobalah untuk rileks dan menghindari stres di rumah maupun tempat kerja. Lakukan aktivitas positif seperti liburan atau meditasi untuk menghindari risiko stres. Stres psikologis dapat membuat rasa nyeri haid kian parah.

Pada kasus dysmenorrhoea primer yang disebabkan oleh penyakit lain, maka pencegahan utama adalah menjaga diri agar tidak terjangkit penyakit tersebut. Contohnya, pada dysmenorrhoea yang diakibatkan oleh infeksi menular seksual dan penyakit peradangan panggul, maka melakukan hubungan seksual yang aman, higienis, dengan pasangan yang sah dan tidak berganti-ganti pasangan merupakan tindakan pencegahan yang paling utama. Penggunaan kondom dapat mencegah penyebaran penyakit menular seksual.

Deteksi dini penyakit organ reproduksi juga merupakan salah satu cara pencegahan terjadinya dysmenorrhoea. Dengan mendapatkan diagnosa dysmenorrhoea dan memulai pengobatan sedari dini, maka diharapkan dysmenorrhoea yang terjadi bisa dicegah dan tidak berkembang hingga menggangu aktivitas penderitanya.