Diabetes Gestational

Pencegahan Diabetes Gestational

Sebetulnya, tidak ada jaminan seratus persen untuk pencegahan diabetes gestasional. Namun, membiasakan pola hidup sehat sejak perencanaan kehamilan tentunya akan lebih baik.

Jika Anda terlanjur terkena diabetes gestasional, cara-cara berikut ini dapat dilakukan sebagai pencegahan diabetes tipe 2 dan pencegahan diabetes gestasional di masa kehamilan yang berikutnya.

Makan makanan sehat

Pilihlah makanan yang tinggi serat dan rendah lemak serta rendah kalori. Usahakan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh. Variasikan makanan sehat tanpa harus mengorbankan rasa atau nutrisi. Terakhir, perhatikan takaran porsi yang Anda konsumsi.

Tetap aktif

Berolahraga sebelum dan selama masa kehamilan dapat membantu melindungi Anda dari diabetes gestasional. Lakukan aktivitas ringan hingga sedang selama 30 menit, tergantung kondisi tubuh dan lakukan setidaknya 4 kali dalam seminggu.
Jika Anda belum terbiasa berolahraga, bisa dimulai dari intensitas yang paling ringan seperti berjalan kaki 10 menit atau berenang selama 3 putaran dan terus tambah intensitasnya secara bertahap.

Kurangi berat badan sebelum merencanakan kehamilan

Dokter tidak akan menyarankan Anda untuk menurunkan badan selama masa kehamilan, namun mengurangi berat badan berlebih sebelum merencanakan kehamilan dapat membantu Anda menjalani masa kehamilan yang lebih sehat.

Usahakan untuk mengubah gaya hidup untuk jangka panjang dan selalu memotivasi diri dengan manfaat gaya hidup yang sehat seperti kesehatan jantung, energi yang lebih banyak, serta kepercayaan diri meningkat.