Diabetes Gestational

Gejala Diabetes Gestational

Sebagian besar penderita tidak merasa memiliki gejala diabetes gestasional. Walaupun begitu, tetap perhatikan ciri diabetes gestasional yang mungkin Anda rasakan seperti:

  • rasa haus yang berlebihan
  • buang air kecil lebih sering dengan jumlah yang banyak
  • merasa kelelahan (walaupun sulit membedakan apakah lelah karena kehamilan atau bukan)
  • terdapat kadar gula pada urin (yang dapat diketahui jika dilakukan tes)

Jika Anda sedang berencana untuk hamil, sebaiknya lakukan check up kesehatan, sehingga dokter bisa melihat kemungkinan apakah Anda berisiko terkena diabetes gestasional atau tidak.

Setelah Anda dinyatakan hamil, dokter akan memantau perkembangan kesehatan ibu dan janin termasuk risiko diabetes. Gejala diabetes gestasional biasanya muncul pada kehamilan trimester ketiga, yakni dari usia kehamilan 7 bulan sampai 9 bulan.

Jika Anda positif mengidap diabetes gestasional, dokter kandungan Anda akan merekomendasikan dokter yang ahli pada bidangnya seperti endokrinologi. Nantinya, dokter ahli tersebut akan membantu pasien mengontrol kadar gula darah mereka selama masa kehamilan.

Untuk memastikan kadar gula darah kembali normal, dokter akan mengecek pasien pasca melahirkan dan 6 minggu setelahnya. Biasanya, diabetes gestasional akan hilang setelah beberapa minggu pasca persalinan. Akan lebih baik jika pasien secara rutin mengecek kadar gula darah untuk memantau dan mencegah diabetes tipe dua datang di kemudian hari.