Cranberry Bisa Sembuhkan Infeksi Saluran Kemih, Benarkah?

Mungkin Anda pernah mendengar manfaat buah cranberry sebagai obat alami untuk mencegah infeksi saluran kemih, namun benarkah buah beri yang masam dan enak ini benar-benar bisa digunakan sebagai obat dan apa sebenarnya penyebab infeksi saluran kemih?

BUAH cranberry merupakan buah dari tumbuhan semak merambat yang tumbuh lebat di Amerika Serikat dan Kanada. Di Amerika Serikat dan Kanada, buah cranberry sangat populer dan diolah menjadi beragam makanan seperti jus, saus, selai dan dikeringkan menjadi kudapan.

Saus buah cranberry sendiri merupakan makanan khas saat perayaan natal bagi warga Britania Raya,serta perayaan natal dan Thanksgiving bagi masyarakat di Amerika Serikat dan Kanada. Buah beri ini dikenal akan rasanya yang asam. Bahkan, rasa manis pada buah ini tertutupi oleh rasa asam yang dominan. Meskipun populer sebagai olahan makanan, apakah buah cranberry juga bermanfaat untuk mencegah atau menyembuhkan penyakit infeksi saluran kemih? Simak penjelasan lebih lanjutnya berikut di bawah ini.

Pada tips sehat kali ini, akan dibahas manfaat buah cranberry dalam menyembuhkan infeksi saluran kemih. Ternyata, penelitian manfaat buah cranberry untuk infeksi saluran kemih masih belum benar-benar jelas.

Beberapa studi menemukan bahwa meminum jus buah cranberry atau suplemen buah cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih (ISK), terlebih pada wanita yang memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi ini. Namun, bukan berarti manfaat buah cranberry tersebut bisa berlaku pada semua orang.

Para peneliti sebelumnya berpikir bahwa buah cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih karena akan membuat urin bersifat asam, sehingga kondisinya tidak baik bagi bakteri E. Coli yang sering menjadi penyebab infeksi saluran kemih. Akan tetapi, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa buah cranberry membuat bakteri penyebab infeksi saluran kemih lebih sulit menempel pada lapisan saluran kemih.

Hal tersebut bisa jadi dikarenakan nutrisi yang terkandung pada buah cranberry mengubah bakteri, sehingga mereka tidak bisa menempel dan berkembang di saluran kemih. Bisa juga karena buah cranberry membuat selaput yang licin di saluran kemih, sehingga bakteri E. Coli sulit menempel.

Kesimpulannya adalah buah cranberry bukan solusi pasti untuk pengobatan infeksi saluran kemih. Penelitian terhadap pencegahannya pun masih sedikit. Namun jika Anda ingin mengonsumsi jus buah cranberry maka silakan saja.

Buah ini mengandung kadar kalium yang tinggi dan baik bagi kesehatan karena dapat mencegah anemia. Selain itu, buah cranberry mengandung serat yang tinggi dan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin B16, vitamin A, zat besi dan magnesium.

Yang perlu diperhatikan adalah karena rasa buahnya yang asam, tidak semua orang dapat mengonsumsinya. Selain itu, jus cranberry mengandung garam yang tinggi yang disebut oksalat yang meningkatkan resiko terkena batu ginjal. Perhatikan pula jika Anda tengah mengonsumsi obat pengencer darah warfarin, karena buah cranberry dapat menimbulkan reaksi terhadap obat dan menimbulkan pendarahan.

Jika Anda tidak mengalami masalah pada perut ketika mengonsumsi buah cranberry atau tidak memengaruhi terhadap penyakit lain yang Anda idap maka Anda boleh mengonsumsinya sebagai sumber kalium. Bila Anda tidak yakin akan penggunaan suplemen buah cranberry sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.

%d bloggers like this: